Jenis Sapi Ini Ramai Diburu untuk Kurban, Dagingnya Banyak dan Tulangnya Kecil

Jenis Sapi Ini Ramai Diburu untuk Kurban, Dagingnya Banyak dan Tulangnya Kecil

Sebulan menjelang lebaran Iduladha, pesanan sapi di kandang sapi Dimas di Kelurahan Talang Betutu sudah 40 persen terjual, Sabtu (3/6/2023).-Irawan -PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Momen Iduladha tahun ini membawa berkah tersendiri bagi para peternak sapi di Kota PALEMBANG.

Pasalnya, sebulan menjelang lebaran, pesanan sapi di kandang sapi Dimas di Kelurahan Talang Betutu sudah 40 persen terjual.

"Alhamdulillah tahun ini penjualan hewan kurban khususnya sapi lebih bergairah dari tahun kemarin. Dari 100 sapi di kandang kami, 40 sapinya sudah terjual di H-26 menjelang Iduladha," ujar Supriyanto saat ditemui di kandang sapi Dimas miliknya pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Supriyanto juga mengatakan, tahun ini sapi yang banyak dicari masyarakat sekarang ialah sapi Bali. Masyarakat yang mencari sapi untuk hewan kurban menanyakan sapi Bali yang bobotnya berat dan tulangnya kecil.

BACA JUGA:Daging Kambing Kurban Berubah jadi Hidangan Lezat, Benarkah Orang Berkurban Tidak Boleh Makan Daging Kurban

BACA JUGA:Virus PMK masih Mengintai, Ini yang Anda Wajib Ketahui Saat Memilih Hewan Kurban

"Tahun ini yang banyak diburu masyarakat untuk dijadikan hewan kurban ialah sapi Bali, yang mempunyai badan yang sedang, namun dagingnya banyak dan tulangnya yang kecil," sambung Supriyanto.

Sementara untuk menghindari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit lainnya pada hewan kurban, Supriyanto selalu menjaga kandang agar tetap bersih. Supriyanto juga terus memberikan vitamin kepada sapi. Seluruh sapi yang masuk di kandangnya wajib vaksin terlebih dahulu.

"Untuk menghindari penyakit mulut dan kuku atau penyakit lainnya pada hewan kurban agar tidak rugi, selain menjaga kebersihan kami wajibkan seluruh untuk hewan divaksin," katanya.

Sedangkan untuk harga sapi sendiri di tahun ini tidak mengalami kenaikan dan diperikirakan harga sesuai dengan berat sapi. Khusus di kandang sapi Dimas, harga mulai dari Rp16.000.000 sampai Rp60.000.000.

BACA JUGA:Kasus Korupsi KONI Sumsel Jadi Pusat Perhatian, Penasaran Siapa Saja Saksi yang Diperiksa?

BACA JUGA:Bikin Hubungan Makin Awet! 5 Trik dan Cara Memanjakan Pacar

"Tahun ini harga sapi tidak mengalami kenaikan, harganya sendiri mulai dari 16 Juta sampai 60 Juta," tutup Supriyanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv