Ingat.!!! Ini Niat Sah Berkurban, Agar ibadah Nggak Sia - Sia.

Ingat.!!! Ini Niat Sah Berkurban, Agar ibadah Nggak Sia - Sia.

Sapi salah satu jenis hewan yang disarankan untuk dijadikan kurban--Paltv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perayaan Idul Adha sangat identik dengan ibadah kurban. Umat muslim ramai ramai melakukan ibadah kurban baik secara konvensional atau modern.

Ibadah kurban sendiri bahkan diperintahkan langsung Allah SWT yang tertuang dalam Kitab suci Al Qur'an surat Al Kautsar ayat 1-2.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Oleh karena itu dirikan lah salat karena Robb mu dan berkurbanlah."

BACA JUGA:Tidak Berqurban Tapi Tetap Dapat Pahala, Begini caranya!

Ada sejumlah ketentuan agar ibadah kurban sah sesuai syariat. Mulai dari pemilihan hewan kurban, waktu penyembelihan hingga niat yang harus ditanamkan dalam hati sebelum melakukan ibadah kurban.

Kali ini Paltv.co.id berusaha membahas niat kurban agar ibadah kurban kalian sah sesuai syariat.

BACA JUGA:Menakjubkan dan Memang Nyata, Beberapa Tempat di Bumi yang Disebut Dalam Al-Qur’an.

Dalam sebuah hadist yang bersumber dari Khalifah Umar Ibnu Khattab yang disepakati keshahihannya oleh imam Muslim, imam Ahmad, Abu Dawud dan at-Tamidzi. Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya sah, amal perbuatan hanya tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang akan memperoleh apa yang telah diniatkannya."

Oleh karena itu penting dan perlu diawali dengan niat yang benar sebelum melakukan ibadah kurban. Terdapat doa dan niat mengiringinya berikut bacaan doa dan niat tergantung kondisi pengkurban. 

Dalam sebuah kitab karya Sayid Utsman bin Yahya, dituliskan doa yang dapat dilafalkan sebagai bacaan saat seseorang hendak berkurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allahumma hadzihî minka wa ilaika, fataqabbal minni yâ karim 

Artinya: “Ya Rabbku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini juga aku mendekatkan diri kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah upaya ( taqarrub) ku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber