Kenali Tanda Ini Bahwa Kamu Sedang Mengalami Depresi

Kenali Tanda Ini Bahwa Kamu Sedang Mengalami Depresi

Ilustrasi Orang Megalami Depresi--unsplash.com/ Nik-Shuliahin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Depresi merupakan gangguan mental yang ditandai oleh perasaan yang mendalam dan berkepanjangan dari sedih, kehilangan minat atau kesenangan, dan penurunan energi. 

Depresi merupakan kondisi kesehatan mental yang serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan dan juga dapat mempengaruhi aspek kehidupan sehari-hari, termasuk perasaan, pikiran, perilaku, dan kesehatan fisik dan hubungan sosial.

Orang dengan depresi mungkin mengalami perasaan putus asa, kehilangan harapan, dan tidak berdaya. Mereka mungkin mengalami perubahan dalam pola tidur dan nafsu makan, kesulitan berkonsentrasi, merasa lelah secara terus-menerus, dan mungkin memiliki pikiran yang berulang tentang kematian atau bunuh diri. 

Penyebab depresi tidak sepenuhnya dipahami, tetapi dapat dipengaruhi oleh kombinasi faktor biologis, genetik, psikologis, dan lingkungan. Beberapa faktor risiko yang diketahui termasuk riwayat keluarga dengan depresi, perubahan hormon dalam tubuh, stres kronis, peristiwa traumatis, dan penggunaan obat-obatan tertentu. 

BACA JUGA:Membongkar Jalan Menuju Kekayaan di Usia Muda dengan Penghasilan UMR

BACA JUGA:Masih Banyak yang Salah, Ini Waktu Terbaik untuk Bersihkan Wajah

Pengobatan depresi melibatkan pendekatan yang komprehensif. Terapi psikologis, seperti kognitif-behavioral therapy (CBT) dan terapi interpersonalkan, membantu individu dalam mengatasi pola pikir negatif dan mengembangkan strategi penanganan yang sehat. 

Obat-obatan antidepresan juga dapat direkomendasikan oleh profesional medis untuk membantu mengatur keseimbangan kimia di otak.

Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda seseorang yang sedang mengalami depresi adalah langkah penting untuk memberikan dukungan dan bantuan yang tepat. Berikut ini tanda-tanda jika seseorang sedang mengalami depresi. 

1. Perubahan suasana hati

BACA JUGA:Tahukah Kamu bahwa Umbut Kelapa Bukan Hanya Cemilan, Tapi Juga Bahan Makanan Mahal

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi Trik Ampuh untuk Mencapai Penghasilan Besar dalam Waktu Singkat!

Seseorang yang mengalami depresi seringkali mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Mereka mungkin merasa sedih, putus asa, cemas, atau kosong secara emosional sepanjang waktu. Perubahan suasana hati ini biasanya berlangsung lebih dari dua minggu. 

2. Hilangnya minat atau kesenangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber