Tips Meredam Emosi dan Amarah Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Tips Meredam Emosi dan Amarah Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Rasulullah SAW menganjurkan beberapa tips meredam emosi dan amarah.--freepik.com/@freepik

PALTV.CO.ID - Semua orang pasti pernah emosi atau marah. Pada dasarnya, amarah adalah salah satu luapan emosi yang terjadi secara alami pada manusia.

Namun, sebagai seorang muslim, kita harus menjaga emosi dan amarah agar tidak berbuat hal-hal negatif. Sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk meredam emosi ketika marah.

Emosi dan amarah adalah salah satu senjata setan untuk menjerumuskan manusia. Karena amarah, seseorang dapat dengan mudah mengumpat, berkata kasar, bahkan melakukan tindakan zalim yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Emosi dan amarah adalah sifat manusiawi. Oleh karena itu, agama memerintahkan kita untuk mengendalikan amarah agar tidak menimbulkan dampak negatif.

BACA JUGA:Perempuan Melamar Laki-laki, Apakah Boleh dalam Islam? Simak Penjelasannya!

BACA JUGA:Ini Adab Menagih Utang yang Sesuai dengan Ajaran Islam

Dikutip dari laman hidayatullah.com, meredam emosi dan amarah merupakan perbuatan yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah marah dan bagimu surga.” (HR Al-Thabrani)

Menahan emosi dan amarah memang bukanlah hal yang mudah. Namun, ketika menghadapi cobaan, umat muslim sebaiknya mencontoh sikap Rasulullah SAW yang selalu tenang dan sabar.

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya cara untuk meredam emosi ketika marah agar tidak terjerumus dalam godaan setan.

BACA JUGA:Inilah Orang-orang yang Tidak Sah Menjadi Imam Salat

BACA JUGA:Amalan-amalan Ringan Namun Berpahala Besar, Yuk Amalkan!


Agama Islam memerintahkan kita untuk mengendalikan amarah agar tidak menimbulkan dampak negatif.--freepik.com/@rawpixel.com

Berikut ini beberapa tips yang diajarkan Rasulullah SAW untuk meredam emosi dan amarah, yang telah paltv.co.id rangkum dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber