Muslim Harus Tahu! Amalan dan Doa Anjuran Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal di Akhir Zaman

Muslim Harus Tahu! Amalan dan Doa Anjuran Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal di Akhir Zaman

Amalan dan doa yang dianjurkan Rasulullah SAW agar terhindar dari fitnah Dajjal di akhir zaman.--instagram.com/@ummatvibes

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Seperti yang diketahui, dalam ajaran Islam, dijelaskan bahwa Dajjal merupakan sosok yang akan muncul di akhir zaman dan akan membawa fitnah besar yang perlu diwaspadai kaum muslimin. 

Nabi Muhammad SAW telah memberikan petunjuk dan anjuran agar umatnya dapat terhindar dari fitnah Dajjal yang menyesatkan. Fitnah ini dianggap sebagai salah satu ujian terberat menjelang hari kiamat. 

Rasulullah SAW mengingatkan bahwa Dajjal tidak hanya akan memunculkan dirinya, tetapi juga akan membawa fitnah-fitnah yang dapat menyesatkan umat manusia. Fitnah Dajjal adalah sebesar-besarnya fitnah yang ada di akhir zaman. 

Keluarnya Dajjal merupakan salah satu tanda kiamat. Di mana pada masa itu, banyak umat manusia yang terpengaruh oleh fitnah Dajjal yang mengaku dirinya sebagai tuhan.

BACA JUGA:Mau Rezeki Lancar? Berikut Amalan Pembuka Rezeki Agar Berlimpah dan Berkah

Salah satu dari fitnah-fitnah Dajjal yaitu kemampuannya yang bisa menipu manusia dengan memperlihatkan gambaran surga dan neraka, membuat kebaikan tampak sebagai keburukan.

Begitu pula sebaliknya, Dajjal membuat keburukan menjadi seolah-olah sebagai kebaikan. Fitnah ini akan menguji keimanan dan keyakinan umat Islam.

Fitnah Dajjal lainnya adalah cepat berpindah-pindah di muka Bumi. Seperti yang dijelaskan dalam hadist menyebutkan bahwa Dajjal akan berkeliling di seluruh muka Bumi kecuali kota Mekah dan Madinah. 

“Tidak ada satu negeri pun yang tidak akan dimasuki oleh Dajjal kecuali Mekah dan Madinah, karena tidak ada satu pintu masuk pun dari pintu-pintu gerbangnya kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya.”

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Muslim Wajib Tahu, Ini 4 Hal yang Bisa Menghambat Datangnya Rezeki


Membaca Al-Qur'an.--freepik.com/@freepik

Oleh karena itu, salah satu langkah yang dapat diambil oleh umat Islam untuk melindungi diri dari fitnah Dajjal adalah dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini beberapa amalan dan doa yang dapat dilakukan untuk menghindari pengaruh buruk Dajjal, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

Amalan pertama yang dianjurkan adalah membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa membaca sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi dapat melindungi seseorang dari fitnah Dajjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber