Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam

Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam

Memantapkan hati ketika dihadapkan pada pilihan sulit, sesuai anjuran Rasulullah SAW dan syariat Islam.--freepik.com/@wayhomestudio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebagai manusia yang dilengkapi akal dan pikiran oleh Allah SWT, tentunya merupakan hal yang wajar jika saat kita dihadapkan pada pilihan di kehidupan ini, yang dilakukan pertama kali tentunya berpikir. 

Terkadang, ada rasa ragu dan kebingungan muncul saat ingin menentukan pilihan. Karena, sebagai hamba Allah Yang Maha Kuasa, kita tidak dapat memprediksi masa depan, apakah pilihan yang akan kita ambil tersebut benar atau salah. 

Namun, dalam keadaan ragu atau bingung, bukan berarti kita harus menyerah dan sembarangan mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang. Karena tindakan yang sembarangan dapat menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Oleh karena itu, ketika kita dihadapkan pada pilihan yang sulit dalam mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan pilihan besar dalam hidup, sebagai seorang muslim, langkah pertama yang harus diambil adalah meminta petunjuk dari Allah SWT.

BACA JUGA:Ini Pandangan Islam Tentang Anak Durhaka, Dosa Besar yang Harus Dihindari Seorang Muslim


Dalam keadaan ragu atau bingung, bukan berarti kita harus menyerah dan sembarangan mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang.--freepik.com/@storyset

Mengutip dari laman NU Online, menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu As-Siny, Rasulullah SAW memohon petunjuk kepada Allah SWT sebanyak tujuh kali ketika hatinya belum mantap. Beliau bersabda:

"Jika engkau ingin melakukan sesuatu, mohonkanlah petunjuk kepada Tuhanmu tujuh kali, kemudian lihatlah mana yang condong oleh hatimu karena sesungguhnya kebaikan ada di dalamnya." (HR Anas bin Malik)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebagai seorang muslim ketika dihadapkan pada pilihan yang sulit.

1. Salat Istikharah

BACA JUGA:Bisa Diamalkan! Tips Menghadapi Cobaan Hidup yang Berat bagi Muslim serta Memaknai Ujian dari Allah SWT


Meminta petunjuk kepada Allah SWT melalui salat istikharah.--freepik.com/@freepik

Langkah pertama yang harus diambil adalah meminta petunjuk kepada Allah SWT melalui salat istikharah. Niatkan dengan tulus bahwa pilihan yang akan diambil adalah untuk kebaikan di jalan-Nya.

Dan meminta petunjuk kepada Allah SWT dengan cara berdo’a kepadaNya, memohon petunjuk dan kemantapan hati lewat salat istikharah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber