Mambanggakan! Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games Kamboja 2023

Mambanggakan! Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games Kamboja 2023

Atlit Para Badminton Indonesia--Instagram/@kemenpora

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Indonesia dipastikan akan mengunci gelar juara umum pada ajang olahraga ASEAN Para Games Kamboja 2023. Ajang olahraga se-Asia Tenggara ini resmi akan ditutup per hari ini Jum'at, 9 Juni 2023.

Kontingen Indonesia sudah resmi menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023, hal ini disampaikan oleh Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

Senny menyatakan Indonesia resmi mempertahankan juara umum di ASEAN Para Games 2023. Ia bahkan telah mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas pencapaian tersebut.

Hingga per hari ini Jumat, 9 Juni 2023 pukul 11:40 WIB, saat berita ini diketik, Indonesia masih kokoh berada di puncak Klasemen medali dengan mengumpulkan 154 emas, 141 perak dan 93 perunggu.

BACA JUGA:Running Sisters, Menginspirasi dan Membangun Komunitas Wanita Melalui Olahraga Lari

BACA JUGA:Yuk, Nostalgia Deretean Siaran Berita Olahraga Favorit Anak-anak Generasi 90-an

Secara matematis, perolehan medali Indonesia tidak akan dapat disusul oleh Negeri Gajah Putih yang hanya menorehkan 123 medali emas. Kini Thailand berada di posisi kedua dengan selisih medali yang cukup jauh dari Indonesia, sehingga kontingen Merah Putih tidak akan mungkin dapat disalip lagi.

Kontingen Merah Putih dominan di beberapa cabang olahraga seperti Para Chess, Para Judo, Para Powerlifting, dan Para Table Tennis.

Adapun kumpulan emas dipersembahkan oleh cabor Voli Duduk, Renang, Angkat Berat, Atletik, dan Para Catur.

Wakil Merah Putih dominan di beberapa cabor seperti Para Chess (12 emas), Para Judo (11 emas), Para Powerlifting (17 emas), dan Para Table Tennis (19 emas).

BACA JUGA:Rahasia Kebugaran Terungkap, Lakukan Olahraga Ajaib Ini Tubuh Anda Menjadi Supersehat

BACA JUGA:Offroad, Olahraga Pemicu Adrenalin yang Banyak Digemari

Adapun kepingan emas dipersembahkan cabor renang, voli duduk, atletik, angkat berat, para catur, para badminton dan cabor lainnya.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di ASEAN Para Games Kamboja 2023, Andi Herman juga mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian manis atlet-atlet Indonesia.

"Alhamdulillah puji syukur karena apa yang kita cita-citakan dan harapkan seluruh kontingen, pada malam ini bisa mencapai prestasi membanggakan. Kita sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun menyisakan dua hari pertandingan," ungkap Andi Herman dalam keterangan tertulis NPC Indonesia.

Indonesia juga telah melampaui target 121 perolehan medali emas yang sebelumnya dicanangkan oleh Menpora Dito Ariotedjo.

BACA JUGA:Usia 40 Tahun ke Atas Harus Tetap Olahraga

BACA JUGA:Badan Atletik Dunia Resmi Larang Perempuan Transgender Ikut Kompetisi Olahraga Atletik untuk Perempuan

Dito mengungkapkan harapannya untuk bisa bertahan di posisi pertama, ia juga menyampaikan pembuktian bahwa Pemerintah memperhatikan seluruh atlet di Indonesia, bukan hanya atlet biasa namun juga para.

Hingga saat ini pukul 11:40 WIB, klasemen perolehan medali ASEAN Para Games 2023, yakni. 

Klasemen Medali ASEAN Para Games 2023 (hingga pukul 10:30 WIB)

1. Indonesia: 154 emas, 141 perak, 93 perunggu

2. Thailand: 123 emas, 107 perak, 92 perunggu

3. Vietnam: 66 emas, 56 perak, 78 perunggu

4. Malaysia: 47 emas, 38 perak, 35 perunggu

5. Filipina: 33 emas, 33 perak, 50 perunggu*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber