Offroad, Olahraga Pemicu Adrenalin yang Banyak Digemari

Offroad, Olahraga Pemicu Adrenalin yang Banyak Digemari

Palembang Offroad Bersatu (POB). Salah satu klub pecinta olahraga offroad, sedang beristirahat setelah menguji kendaraan. -leni marlina-foto koleksi pribadi.

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pencinta Mobil Jenis Jip atau SUV (Sport Utility Vehicles),  pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga satu ini. Banyak orang terpacu adrenalin dengan mengendarai mobil terbuka jenis jip ini. Menerobos lumpur, jalanan berbatu, sungai,  lintasan yang berkelok dan berundak undak. Makin menjadikan olahraga ini sebuah tantangan yang  harus dilewatkan. 

Mampu melewati tantangan demi tantangan ini dengan mulus adalah impian para offroader. Sebutan pencinta olahraga offroad. Berawal dari mencintai dunia otomotif dan berakhir di medan offroad yang menantang adalah sebuah pencapaian yang membanggakan. 

Bagi penggemar olahraga satu ini kekompakan tim dan kerjasama sangat menentukan. Di  Indonesia olahraga ini makin populer dan banyak peminatnya. Dan berbagai tempat wisata pun menawarkan wisata offroad seperti di Gunung Merapi Sleman Jogyakarta, Gunung Kelud Kediri, Gunung Bromo, dan daerah kecil di Sumsel seperti Kabupaten Muba Sekayu tepatnya di kampung  Selarai Indah.

Hobby satu ini terbilang mahal, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit kendati begitu hobby ini tak selalu identik dengan menghambur hamburkan uang, Meski begitu tidak sedikit juga modal yang harus dikeluarkan.

BACA JUGA:Setelah Grand Opening, Bimbel Ambis Taruna Adakan Diskon 50 Persen

BACA JUGA:Tersesat di Alam? Lihat Saja Rasi Bintang

Selain mendapatkan tantangan di medan offroad, olahraga ini juga memberikan kepuasan batin tersendiri. Bisa menikmati keindahan alam dan menikmati kebersamaan dengan para sesama offroader. 

Kondisi kendaraan sebelum digunakan harus diperhatikan, lakukan checking pada bagian mobil, seperti oli, air radiator, karburator, busi, aki, kelistrikan dan bagian penting lainnya. Mobil yang digunakan tidak harus jenis mobil yang canggiH.

Mobil jenis berpenggerak 4 x 4 adalah pilihan yang tepat untuk olahraga ini. Keselamatan diri seperti sabuk pengaman dan kondisi mobil yang prima.

Dalam olahraga ini ada berbagai macam rute yang ditawarkan, rute pendek dengan waktu 1,5 sampai 2 jam, waktu terpanjang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Biasanya bagi pemula waktu terpendek adalah pilihan yang tepat dan ternyaman, dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit untuk dilalui. 

BACA JUGA:Lebih dari 20 Tahun, Kematian Artis Kpop Ini Masih Misteri

BACA JUGA:10 Tahun Debut Boyband BTS, Kota Seoul Akan Bernuansa Ungu

Pastikan kondisi fisik yang prima dan siapkan diri agar bisa melalui medan yang akan dilewati. Ban, modal penting dalam permainan olahraga ini. Ban yang berkualitas akan menambah performa dan keamanan mobil saat digunakan. Biasanya sebelum memutuskan untuk mengikuti permainan ini perlu dilakukan survei lokasi, iklim dan kondisi cuaca.

Di Indonesia organisasi yang menaungi olahraga offroad  ini adalah Federasi Offroad Indonesia. Jadi bagi pencinta offroad ga perlu bingung bingung lagi untuk mencari tahu tentang informasi olahraga satu ini. Biasanya para offroader ini juga memiliki komunitas atau perkumpulan bagi pencinta offroad.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber