Mata dan Kuku Menguning? Waspadai Penyakit Kuning!

Mata dan Kuku Menguning? Waspadai Penyakit Kuning!

Mata dan Kuku Menguning? Waspadai Penyakit Kuning!--hallodoc.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Penyakit kuning juga dikenal sebagai jaundice atau ikterus, adalah kondisi yang menyebabkan perubahan warna pada beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sklera mata, dan membran mukosa, menjadi kekuningan.

Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin dalam darah, dan seringkali dialami oleh mereka yang memiliki gangguan hati, seperti hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Lantas, apa saja gejala penyakit kuning dan bagaimana cara mengobatinya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut!

Apa itu Penyakit Kuning?

Penyakit kuning adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan kulit, bagian putih mata (sklera), dan membran mukosa berubah warna menjadi kekuningan.

BACA JUGA:Mobil Listrik GAC Aion Y Plus, Akomodasi Super, Harga Gak Bikin Baper

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin di dalam tubuh, yaitu zat yang memberi warna kuning dalam feses. Bilirubin sendiri terbentuk secara alami dari sebuah proses penguraian sel darah merah di hati.

Penyakit kuning juga sering terjadi pada bayi baru lahir. Meski demikian, kulit dan sklera yang menguning pada bayi baru lahir dianggap normal jika kondisi ini hilang dalam beberapa hari. Hal ini terjadi karena fungsi hati bayi baru lahir belum sempurna dalam membuang bilirubin dari darah.

Penyebab Penyakit Kuning

Penyebab utama penyakit kuning adalah kadar bilirubin yang melebihi batas normal dalam tubuh. Pada bayi, penyakit kuning dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Pastikan Pekerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan Terima Jaminan Sosial

Kelahiran prematur.

Ketidakcocokan golongan darah dengan ibu.

Kurangnya asupan nutrisi dari ASI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sriwijayahospitals.com