Ini Hikmah Dibalik Sakit dalam Islam, Ada 4 Malaikat Khusus yang Diutus Allah SWT

Ini Hikmah Dibalik Sakit dalam Islam, Ada 4 Malaikat Khusus yang Diutus Allah SWT

Ini Hikmah Dibalik Sakit dalam Islam.--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit atau mengalami gangguan kesehatan dalam hidupnya.

Bahkan Nabi Muhammad SAW, orang yang paling taat kepada Allah SWT, juga pernah merasakan sakit. Namun perlu diketahui bahwa ada hikmah di balik sakitnya seorang Muslim.

Tidak ada seorangpun yang bisa menghindari sakit dalam hidupnya. Pada dasarnya, sakit adalah pengingat bagi manusia tentang keterbatasannya dan merupakan ujian dari Allah SWT. Sakit memang tidak menyenangkan.

Namun, dalam Islam, ada hikmah di balik rasa sakit yang dialami oleh seorang mukmin.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Begini Gambaran Beratnya Sakaratul Maut yang Sakitnya Luar Biasa 


ketika seorang mukmin sakit, terdapat rahasia besar yang mungkin tidak semua orang ketahui, --Foto : Freepik.com

Terkadang rasa sakit dapat membuat seseorang mengeluh dan merasa putus asa. Ini sering kali mengakibatkan turunnya iman seseorang, karena mereka merasa bahwa sakit adalah musibah yang dikirim oleh Allah SWT.

Meskipun dalam kondisi sakit, seorang Muslim tidak dianjurkan mengeluh atau berputus asa. Perlu diketahui bahwa tidak selamanya sakit adalah musibah.

Sakit juga bisa mendatangkan berkah bagi umat Islam yang mampu merenungkannya dan mengambil hikmah dari rasa sakit tersebut.

Rasulullah SAW mengajak kita untuk senantiasa bersikap qanaah meskipun dalam keadaan miskin atau sakit, karena ada beberapa hikmah di baliknya.

BACA JUGA:Tugas 4 Malaikat yang Diutus Allah SWT untuk Seorang Mukmin yang Sedang Sakit

Beberapa hikmah tersebut di antaranya menjauhkan dari siksa neraka, menghapuskan dosa, dan sebagai pengingat kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus-menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR. Muslim).

Saat Allah SWT menguji kita dengan sakit, sering kali kita mengeluh. Padahal, kita seharusnya tetap bersyukur atas sakit yang kita alami, karena ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber