Mengenal Lebih Dalam Khasiat Kacang Hitam, Ini Kacang yang Paling Kaya!

Mengenal Lebih Dalam Khasiat Kacang Hitam, Ini Kacang yang Paling Kaya!

Kacang Hitam--instagram.com/@parselbuahbandung_queenfresh

PALEMBANG PALTV.CO.ID – Kacang hitam termasuk dalam keluarga polong dan kacang-kacangan. Dengan rasa yang cukup unik, kandungan nutrisi pada kacang hitam dipercaya dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Selain itu kacang hitam juga memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut seperti magnesium, fosfor, potasium, Vitamin A, dan juga kalsium. Inilah beberapa kandungan dari kacang hitam yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

1. Kaya akan serat

Kacang hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut memiliki dua jenis yaitu serat  yang mudah larut dan tidak larut. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu fungsi organ vital. Fungsi tersebut seperti mengurangi berat badan, membantu membunuh microbiota, beberapa penyakit pencernaan, dan mengurangi resiko diabetes.

BACA JUGA:Sejarah Kerak Telor, Makanan Khas Betawi

BACA JUGA:Pentingnya Makanan Organik bagi Kesehatan

2. Mengandung zat detox

Beberapa peneliti memiliki hasil penelitian bahwa polong-polongan pada jenis kacang ini memiliki kandungan molybdenum yang tinggi. Kandungan tersebut merupakan bagian elemen dari beberapa enzim.

Apabila anda memiliki racun dari dalam tubuh, maka zat anti racun pada Kacang hitam dipercaya dapat membantu membersihkan usus serta mengeluarkan sisa racun dalam tubuh.

3. Kaya akan antosianin

BACA JUGA:Inilah Makanan dan Minuman Kesukaan Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Jaga Kualitas dan Rasa dengan Tidak Menggunakan Bahan Makanan Berbahaya

Selain mengandung zat detox, kacang hitam juga memiliki kandungan konsentrasi antosianin yang tinggi. Kandungan pada kacang tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antosianin merupakan salah satu pigmen tanaman yang memiliki kandungan antioksidan.

Kacang hitam juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengurangi resiko kanker, merendahkan kadar kolesterol, dan meningkatkan respon insulin.

4. Kaya akan antioksidan

Kandungan lain yang dimiliki kacang hitam ialah fenolik dan fitosterol. Zat yang tinggi tersebut menjadikannya mengandung antioksidan yang tinggi. 

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Ampuh dalam Melumpuhkan Kolesterol Jahat

BACA JUGA:Kenali 9 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Zat tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas dan mencegah penyakit pada tubuh. Antioksi dan yang dapat di jumpai pada kaca hitam antara lain quercetin, saponin, dan antosianin.

5. Kandungan protein dan karbohidrat

Protein dan karbohidrat juga dapat ditemukan pada jenis kacang ini. Alhasil, kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan energi pada tubuh.

Kacang hitam juga dikenal sebagai salah satu alternatif pengganti produk daging. Sebab, setelah dimasak kacang hitam memiliki tekstur yang hampir setara dengan daging namun dengan kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosemarang.com