Waspadai 3 Metode Pencucian Uang Ini!

Waspadai 3 Metode Pencucian Uang Ini!

Waspadai 3 Metode Pencucian Uang Ini!--free pik.com

Pencucian uang umumnya dilakukan melalui tiga langkah berikut:

BACA JUGA:Rasakan Pengalaman Gaming Tanpa Lag dengan Cooling System Canggih di HP iQOO Z9! Benar Gak Nih, TroOps?

1. Penempatan (Placement)

Langkah awal pencucian uang adalah penempatan uang tunai ke dalam sistem finansial. Pada tahap ini, uang sangat mudah terdeteksi, sehingga pelaku biasanya membagi uang tersebut menjadi jumlah yang lebih kecil untuk menghindari kecurigaan.

Cara lain adalah menempatkan uang dalam instrumen penyimpanan yang berbeda-beda seperti cek dan deposito, menyelundupkan uang ke luar negeri, atau menggunakan pihak ketiga untuk melakukan transaksi.

2. Pelapisan (Layering)

Langkah kedua adalah pelapisan, yaitu upaya untuk memisahkan uang dari sumber kejahatannya. Metode yang biasa digunakan termasuk membeli aset, berinvestasi, atau menyebar uang tersebut melalui pembukaan rekening bank di beberapa negara.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 2024, KAI Divre III Palembang Angkut Lebih dari 11 Ribu Penumpang Kereta Api

Transfer melalui perbankan lepas pantai (offshore banking) dan penggunaan perusahaan boneka (shell corporation) juga sering dilakukan.

Menurut Nerd Wallet, offshore banking adalah membuka rekening bank di luar negara tempat tinggal, memungkinkan pemegang akun menyimpan dan menginvestasikan dana dalam berbagai mata uang.

Sedangkan menurut Investopedia, shell corporation adalah perusahaan tanpa aktivitas bisnis aktif atau aset signifikan yang sering digunakan untuk menyamarkan kepemilikan bisnis dari pemerintah atau masyarakat.

3. Integrasi (Integration)

Langkah terakhir adalah integrasi, yaitu upaya menggabungkan atau menggunakan harta kekayaan yang telah tampak sah.

BACA JUGA:Indonesia Television Awards 2024 dan Berbagai Nominasi yang Ditampilkan

Harta tersebut bisa dinikmati langsung, diinvestasikan ke berbagai produk keuangan dan bentuk material lainnya, digunakan untuk membiayai bisnis yang sah, atau untuk mendanai kembali aktivitas kriminal. Metode yang umum diterapkan meliputi investasi dalam bisnis, transaksi jual beli aset, serta pendanaan perusahaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber