Disdukcapil OKU Jemput Bola Hingga ke Desa, Bantu Perbaikan Dokumen Kependudukan Rusak Akibat Banjir

Disdukcapil OKU Jemput Bola Hingga ke Desa, Bantu Perbaikan Dokumen Kependudukan Rusak Akibat Banjir

Disdukcapil OKU jemput bola hingga ke Desa, bantu perbaikan dokumen kependudukan rusak akibat banjir, Senin (3/6/2024).-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Dokumen penting warga banyak yang rusak dan hilang pada saat banjir lalu.  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu (Disdukcapil OKU) jemput bola ke Desa-desa agar warga bisa membuat dokumen di tempat.

Kepala Disdukcapil OKU Suryadi mengungkapkan, pasca banjir melanda Kabupaten OKU yang terjadi dua kali selama bulan Mei, banyak warga mengalami kerusakan atau hilang surat-surat penting, terutama dokumen kependudukan.

Hal ini mendorong Disdukcapil OKU untuk segera mengambil langkah jemput bola dengan mendatangi Desa-desa terdampak banjir pada hari Senin, 3 Juni 2024.

"Sudah dua kali OKU ini dilanda banjir yang mengakibatkan banyak warga kita kehilangan dokumen kependudukan, bahkan ada yang rusak akibat terendam banjir. Oleh sebab itu, kita turun langsung ke Desa untuk membantu masyarakat yang ingin memperbaiki dokumen tersebut tanpa harus ke Kantor Disdukcapil," ujar Suryadi.

BACA JUGA:Air Panas Gemuhak: Sungai Air Hangat yang Menyegarkan dan Berkhasiat Terapi di Kabupaten OKU, Sumatera Selatan


Disdukcapil OKU mengambil langkah jemput bola dengan mendatangi Desa-desa terdampak banjir, Senin (3/6/2024).-Ari Pranika-PALTV

Program jemput bola ini bertujuan untuk memudahkan warga dalam pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran, dan surat-surat penting lainnya yang rusak akibat banjir. Mengingat betapa pentingnya dokumen-dokumen tersebut untuk keperluan sehari-hari.

"Apa lagi saat ini bulan pendaftaran siswa sekolah. Jadi, dokumen tersebut sangat penting," jelas Suryadi.

Dalam pelaksanaan program jemput bola ini, Disdukcapil OKU bekerja sama dengan Pemerintah Desa yang terdampak banjir untuk melakukan koordinasi jadwal dan lokasi pelayanan.

Warga diharapkan membawa dokumen yang masih tersisa dan identitas diri lainnya yang dapat membantu proses verifikasi.

BACA JUGA:BPBD Sumsel: Banjir di Kabupaten OKU Berdampak pada 10.509 Unit Rumah dan 11 di Antaranya Rusak Parah


Layanan jemput bola Disdukcapil OKU ini diharapkan warga dapat kembali beraktivitas secara normal tanpa hambatan administrasi kependudukan, Senin (3/6/2024).-Ari Pranika-PALTV

"Kita Disdukcapil OKU berkerja sama dengan Pemerintah Desa supaya dapat diumumkan kepada masyarakat, sehingga seluruh Desa dapat kita datangi dengan maksimal," pungkas Kepala Disdukcapil OKU Suryadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv