Museum Puri Lukisan Ubud, Museum Seni Rupa Tertua di Pulau Dewata

Museum Puri Lukisan Ubud, Museum Seni Rupa Tertua di Pulau Dewata

Museum Puri Lukisan Ubud, Museum Seni Rupa Tertua di Pulau Dewata--Instagram \ missgrandinternasional

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Salah satu tempat untuk melihat hasil karya seni Bali dikenal dengan nama Museum Puri Lukisan. Museum Puri Lukisan berada di Kabupaten Gianyar Bali dan menjadi tempat yang tepat untuk mengenal Seni Lukis Bali.

Museum Puri Lukisan lokasinya tentunya sangat dekat dengan Puri Ubud dan Pasar Seni Ubud. jika kalian sedang liburan di Ubud dan ingin melihat Museum maka mampirlah ke Museum Puri Lukisan.

Uniknya Museum Puri Lukisan Ubud merupakan museum tertua yang ada di Bali sejak tahun 1936 namun baru didirikan tahun 1953.

Museum Puri Lukisan sangat cocok bagi penyuka seni lukis tradisional Bali serta ukiran kayu karena musem Puri Lukisan memiliki karya seni lukis Bali traditional dan modern, serta seni ukir dan ukiran kayu.

BACA JUGA:Mobil Sport Alpine Ini Memiliki Mesin Turbo Pembakaran Hidrogen

Dari sejarah Museum Puri Lukisan digagas oleh seniman Rudolf Bonet, Ubud Tjokorda Gde Sukawati dan saudaranya Tjokorda Gde Raka Sukawati serta I Gusti Nyoman Lempad.

Mereka memiliki keinginan untuk melestarikan karya seni yang bernilai tinggi sehingga tahun 1936 mereka menggagas sebuah organisasi yang dikenal dengan nama ” Pitha Maha ”.

Sayangnya organisasinya tidak berjalan sehingga tahun 1953 mulailah adanya Museum Puri Lukisan yang design dari Rudolf Bonner.

Pada tahun 1954 Perdana menteri Indonesia Ali Sastroamidjojo meletakkan batu pertama di Museum Puri Lukisan dengan Tjokorda Gde Agung Sukawati sebagai direktur Museum dan Rudolf Bonner sebagai kuratornya serta Muhamad Yamin meresmikan Museum Puri Lukisan tanggal 31 Januari 1956.

BACA JUGA:Mandi bersama Teman di Sungai Musi, Bocah 11 Tahun Hilang Tersert Arus

Museum Puri Lukisan memiliki 4 bangunan yang bisa dikunjungi yaitu

1. East Building yang sebagai Wayang Galeri yang tentunya berisi Koleksi Lukisan Wayang

2. North Building sebagai Pitamaha Galeri yang berisi lukisan modern-tradisional Bali sebelum perang (1930-1945) serta koleksi karya I Gusti Nyoman Lempad

3. West Building sebagai Ida Bagus Galeri berisi lukisan modern-tradisional Bali setelah perang dunia (1945-sampai sekarang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber