Tersesat di Alam? Lihat Saja Rasi Bintang

Tersesat di Alam? Lihat Saja Rasi Bintang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Konstelasi atau biasa orang kenal Rasi Bintang adalah sekumpulan Bintang yang nampak merangkai suatu konfigurasi yang khas.

Pada suatu rasi bintang, biasanya hanya ada satu bintang yang paling terang, dan dalam ilustrasi di peta bintang ini ditandai dengan simbol α. Himpunan Astronomi Internasional (Asterisma) membagi ada 88 rasi bintang.

Menariknya, ada empat jenis rasi bintang yang bisa digunakan sebagai penunjuk arah mata angin. Pada zaman dahulu, orang-orang mengandalkan rasi bintang saat kehilangan arah.

Saat ini pemanfaatannya juga masih sering diterapkan oleh para nelayan atau penjelajah alam lainnya, yang tentunya dapat kita cermati dengan mata telanjang atau tanpa harus menggunakan media perantara.

BACA JUGA:Lebih Dari 20 Tahun, Kematian Artis Kpop Ini Masih Misteri

BACA JUGA:Kisah Asli Dongeng The Little Mermaid, Menggenaskan


Rasi Pari (Crux) berada di arah langit sebelah selatan yang menunjukkan arah mata angin ke selatan.--pinterest.com/Deise Tuquerus

Apa saja keempat rasi bintang tersebut?

Rasi Pari (Crux)

Sekumpulan bintang ini membentuk seperti ikan pari atau layang-layang. Terdapat bintang yang paling terang yaitu bintang Alpha Crucis. Rasi ini berada di arah langit sebelah selatan yang menunjukkan arah mata angin ke selatan.

Rasi Pemburu (Orion)

BACA JUGA:10 Tahun Debut Boyband BTS, Kota Seoul Akan Bernuansa Ungu

BACA JUGA:Warga Sterio Portal Proyek Tol Kapal Betung


Rasi Biduk (Ursa Mayor) berada di arah langit sebelah utara, yang menunjukkan arah mata angin ke utara.--pinterest.com/Diane Tait

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber