Kebiasaan Gila Kerja Hustle Culture yang Bisa Membahayakan Tubuh

Kebiasaan Gila Kerja Hustle Culture yang Bisa Membahayakan Tubuh

Kebiasaan Gila Kerja Hustle Culture yang Bisa Membahayakan Tubuh--Foto : Freepik.com/freepik

Cara menghindari hustle culture

Meski bisa mendorong produktivitas, nyatanya hustle culture bukanlah jaminan untuk keberhasilan Anda. Sebelum jatuh dalam jebakannya, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Tentukan arti sukses bagi Anda sendiri

Bila Anda mulai merasa jatuh ke dalam siklus bekerja yang negatif, barangkali ini saatnya Anda mempertimbangkan kembali arti sukses dan cara untuk menggapainya. 

Sukses tak selalu harus dicapai dengan bekerja 80 jam per minggu sebagaimana yang dikatakan oleh Elon Musk. Lebih baik, tetapkan tujuan Anda dan pikirkan langkah-langkah yang tidak akan terasa menyiksa saat Anda menjalaninya. 

Pastikan hal yang ingin dituju tidak membuat Anda kehilangan waktu untuk merawat diri atau mengganggu waktu Anda dengan orang-orang terdekat. 

BACA JUGA:Milyader Teknologi Inggris Membuka Metode Anti Penuaan Untuk Umum


Mengenal hustle culture pada kalangan pekerja --Foto : freepik.com@azerbaijan_stockers

 

2. Buat jadwal bekerja dan beristirahat

Coba rencanakan kegiatan sehari-hari Anda sampai seminggu ke depan. Buat jadwal akan berapa lama Anda bekerja dalam sehari dan pada jam berapa Anda akan beristirahat. 

Sebagai contoh, Anda mulai bekerja pukul delapan pagi sampai pukul lima sore. Selipkan waktu berisitrahat selama beberapa menit atau satu jam di antara jam bekerja. Anda juga bisa meluangkan waktu di malam hari untuk menulis apa saja yang telah Anda kerjakan di siang hari.

Bila ternyata waktu istirahat Anda kurang, rencanakan agenda bersantai di akhir pekan atau jadwalkan kegiatan selingan di antara hari-hari bekerja. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk menerapkan hustle culture. Pasalnya, Anda sudah memblokir slot waktu khusus untuk diri sendiri.

BACA JUGA:Bagaimana Preferensi Makanan Berhubungan dengan Kognisi dan Kesehatan Otak?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber