OJK Bakal Larang Pemda Dirikan Bank Perekonomian Rakyat

OJK Bakal Larang Pemda Dirikan Bank Perekonomian Rakyat

OJK Bakal Larang Pemda Dirikan Bank Perekonomian Rakyat--ig.com/@ojkindonesia

BACA JUGA:Jelajahi Keindahan Alam Sulawesi Selatan, Petualangan Baru Menuju Maros dengan Rute Segar!

Rae menjelaskan bahwa segmen pasar UMKM memiliki potensi besar dan belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh bank-bank besar seperti BRI, karena skala usahanya terlalu kecil bagi mereka.

Dengan demikian, langkah-langkah ini diharapkan akan memperkuat sektor BPR dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan akses keuangan masyarakat secara keseluruhan.

Sambil memastikan pengawasan yang lebih ketat terhadap aktivitas perbankannya.

BPR (Bank Perekonomian Rakyat) adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai bank umum, namun memiliki cakupan operasional yang lebih terbatas daripada bank-bank umum konvensional.

BACA JUGA:Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan yang Wajib Diketahui Muslim, Rugi Jika Tidak Dilakukan!

BPR biasanya fokus pada pelayanan kepada masyarakat pedesaan atau perkotaan yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke bawah, serta kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tujuan utama BPR adalah untuk memfasilitasi kegiatan ekonomi di tingkat lokal dan mendorong inklusi keuangan di daerah-daerah terpencil yang mungkin sulit dijangkau oleh bank-bank besar.

BPR biasanya memberikan layanan seperti tabungan, pinjaman, dan jasa keuangan lainnya kepada masyarakat yang menjadi nasabahnya.

Dalam banyak negara, termasuk Indonesia, BPR memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal serta mengurangi kesenjangan keuangan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

BACA JUGA:Rahasia Kulit Cantik, Panduan Praktis untuk Mendapatkan Kulit Putih Permanen

Meskipun demikian, regulasi dan pengawasan terhadap BPR tetap diperlukan untuk memastikan keberlangsungan operasionalnya dan melindungi kepentingan nasabah serta stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber