4 Putra Putri Terbaik Sumsel Melenggang ke Gita Bahana Nusantara 2023

4 Putra Putri Terbaik Sumsel Melenggang ke Gita Bahana Nusantara 2023

Empat putra putri terbaik Sumatera Selatan bergabung Gita Bahana Nusantara 2023, Rabu (17/5/2023).-Zannuba Chavilla Andjari-Dokumentasi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tak pernah absen mengirimkan delegasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan sukses menghelat Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2023 Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini berlangsung di UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan pada Rabu kemarin, 17 Mei 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Megawati yang didampingi oleh Cahyo Sulistianingsih selaku Kepala Bidang Kebudayaan.

Para Dewan Juri yang terdiri dari empat orang profesional di bidang paduan suara, yakni tiga orang Juri Lokal yaitu Irawan Sukma, Maryadi, dan Sahrul Siregar, serta Juri Pusat Emiliana Indriastuti dari Direktorat Jendral Kebudayaan Kemdikbud RI.

Audisi bergengsi yang lahir sejak tahun 2003 ini, selalu menyita perhatian dara muda tanah air khususnya penggiat seni musik dan seni suara. Audisi Gita Bahana Nusantara merupakan ajang penyeleksian putra dan putri terbaik di setiap Provinsi di Indonesia, yang nantinya akan digabungkan menjadi satu kelompok Nasional. Mereka bertugas dalam Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 di Istana Negara dan acara Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung DPR/MPR RI nantinya.

BACA JUGA:Ini Penjelasan Ketua DPC PDIP Muba Beni Hernedi Terkait Kasus yang Menimpa Andi Setiawan

BACA JUGA:DPSHP Sudah Rilis, Cek Nama Anda di Kelurahan


Audisi Gita Bahana Nusantara merupakan ajang penyeleksian putra dan putri terbaik di setiap Provinsi di Indonesia, yang nantinya akan digabungkan menjadi satu kelompok Nasional, Rabu (17/5/2023).-Zannuba Chavilla Andjari-Dokumentasi pribadi

Gita Bahana Nusantara ini terdiri dari dua bagian, yakni Paduan Suara dan Orkestra. Untuk Audisi pemain Orkestra sudah sejak 20 Maret sampai 17 April 2023 lalu.

Tercatat untuk peserta paduan suara terdiri 136 orang vokalis dan peserta orkestra terdiri dari 70 orang pemusik pada rentang usia 16 sampai 23 tahun dari 34 Provinsi. Para perwakilan dari setiap Provinsi ini akan dikarantina selama lebih kurang 17 hari guna pelatihan menuju hari pagelaran.

Dalam sambutan pendamping Juri Pusat yang disampaikan oleh Reny Amelis, ada hal menarik di tahun ini karena akan diadakan Konser Kemerdekaan di ruang publik yang tentunya Gita Bahana Nusantara akan tampil juga di sana.

Adapun tahapan penyeleksiannya yaitu peserta diminta menyanyikan salah satu lagu dari 20 materi lagu yang ditetapkan, membaca dan menyanyikan notasi musik (prima vista) yang berisi not angka dan not balok, membidik nada yang diberi Dewan Juri, dan menyanyikan tangga nada naik dan turun untuk mengetahui ambitus suara peserta.

BACA JUGA:Jangan Mager Mandi! Ini Pembahasannya

BACA JUGA:Robot Bedah Harapan Baru di Dunia Kesehatan

Setelah melewati proses penyeleksian yang objektif dan transparan, didapat empat terbaik yang berhak mengemban amanah mewakili Provinsi Sumatera Selatan, mereka adalah:

  • Ambitus suara Sopran atas nama Okkynawa Valentine (Universitas Khatolik Musi Charitas).
  • Ambitus sura Alto atas nama Saqinah Tasya Mulyadi (SMAN 17 Palembang).
  • Ambitus suara Tenor atas nama Anggiat Marudut Marpaung (Universitas Sriwijaya).
  • Ambitus suara Bass atas nama Steven Christian Tambunan (SMA Xaverius 1 Palembang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: