Tata Cara dan Dalil Sholat Iftitah 2 Rakaat Sebelum Tarawih di Bulan Ramadhan

Tata Cara dan Dalil Sholat Iftitah 2 Rakaat Sebelum Tarawih di Bulan Ramadhan

Sholat Iftitah 2 Rakaat Sebelum Tarawih di Bulan Ramadhan--Foto : Freepik.com/@rawpixel.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Salat Iftitah adalah salah satu salat sunah yang terdiri dari dua rakaat yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat tarawih dalam bulan Ramadhan.

Hal ini termasuk dalam qiyamu lail, atau sholat malam yang dianjurkan selama bulan suci Ramadhan. Dalam prakteknya, salat ini memiliki tata cara dan dalil yang tertuang dalam ajaran agama Islam.

 

Dalil-dalil dalam Hadis

Dalil mengenai kesunnahan salat iftitah dapat ditemukan dalam hadis yang diriwayatkan dari Aisyah RA. Dalam hadis tersebut, Aisyah menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW biasanya memulai sholat malam dengan dua rakaat yang ringan-ringan. (HR Muslim).

BACA JUGA:Memahami Ibadah Ramadan,Salat Tarawih 11 atau 23 Rakaat?

Selain itu, hadis lain juga menguatkan praktik ini. Diriwayatkan dari Abu Hurairah dan lainnya bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk memulai sholat malam dengan dua rakaat yang ringan-ringan. (HR Muslim).

 

Tata Cara Pelaksanaan

Tata cara sholat iftitah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sejumlah salat sunah lainnya. Namun, terdapat beberapa perbedaan dalam cara mengerjakannya. Berdasarkan penjelasan dari Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta hadis-hadis yang ada di muhammadiyah.or.id, berikut adalah tata cara pelaksanaannya:

BACA JUGA:Salat Tarawih dan Witir di Masjidil Haram 13 Rakaat, 7 Imam Pimpin Bergantian

Takbiratul Ihram: Memulai dengan takbiratul ihram seperti biasa pada salat sunah lainnya.

Doa Iftitah: Setelah takbiratul ihram, membaca doa iftitah: “Subhanallah dzil malakuti wal jabaruti wal kibriya-i wal–‘adzamah”.

Membaca Surat al-Fatihah: Pada rakaat pertama, membaca surat al-Fatihah setelah doa iftitah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: muhammadiyah.or.id