Yuk Diamalkan! Selain Sholat 5 Waktu, Ini Beberapa Sholat Sunnah yang Memiliki Keutamaan dan Pahala Besar

Yuk Diamalkan! Selain Sholat 5 Waktu, Ini Beberapa Sholat Sunnah yang Memiliki Keutamaan dan Pahala Besar

Sholat Sunnah yang Memiliki Keutamaan dan Pahala Besar--Foto : freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam ajaran Islam, umat muslim diwajibkan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Selain menunaikan sholat lima waktu, ada juga sejumlah sholat sunnah yang dianjurkan dikerjakan karena memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Seperti yang kita ketahui, Sholat Sunnah adalah sholat yang hukum pengerjaan atau pelaksanaannya adalah Sunnah. Artinya, Sholat Sunnah merupakan sholat yang jika dikerjakan akan mendapat pahala, sedangkan jika ditinggalkan tidak berdosa.

Mengerjakan sholat sunnah memang butuh keikhlasan dan istiqomah. Namun, tidak semua orang bisa istiqomah melaksanakan dan merasakan nikmatnya sholat sunnah kecuali mereka yang benar-benar bertaqwa dan mengharap ridha Allah SWT.

Ada banyak manfaat dan keutamaan yang diperoleh saat kita rajin menjalankan sholat sunnah. Dengan mengenal manfaatnya, semoga umat muslim menjadi lebih antusias dan terdorong hatinya untuk dapat melaksanakan sholat sunnah secara konsisten.

BACA JUGA:Hati-hati! Inilah Golongan Orang yang Shalat Tetapi Amalannya Tidak Diterima, Ini Penjelasannya!


manfaat dan keutamaan menjalankan sholat sunnah--Foto : freepik.com/rawpixel-com

Dirangkum dari paltv.disway.id dari berbagai sumber, berikut beberapa sholat sunnah yang memiliki keutamaannya dan bernilai pahala besar.

1.  Shalat Tahajud

Dalam Islam, sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur diwaktu malam. Shalat sunnah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan.

Shalat tahajud bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas dalam kurun waktu setelah Ba’da Shalat Isya hingga menjelang Subuh. Waktu yang baik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di waktu sepertiga malam.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran, Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya:

BACA JUGA:Masjid Agung Kubah Timah: Landmark Baru nan Megah di Pangkal Pinang

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (Q.S Al-Isra : 79)

Dilansir dari laman NU Online, salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dikabulkannya doa-doa dan ditempatkan pada tempat yang terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Tidak hanya mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan, sholat tahajud juga memiliki keutamaan lain, yaitu sebagai penghapus dosa-dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber