Lontar Buah Tropis yang Mempunyai Seribu Manfaat Bagi Tubuh

Lontar Buah Tropis yang Mempunyai Seribu Manfaat Bagi Tubuh

Lontar Buah Tropis yang Mempunyai Seribu Manfaat Bagi Tubuh --Foto : Instagram/@garnasihta

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Buah lontar atau dikenal juga dengan sebutan buah kelapa atau buah Siwalan merupakan salah satu buah tropis yang bermanfaat bagi kesehatan dan kekayaan.

Buah ini banyak ditanam di daerah tropis Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Selain enak, kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan berperan penting dalam adat dan tradisi masyarakat setempat. 

Pada artikel kali ini kita akan melihat lebih dekat buah kelapa, tampilan dan rasa buah kelapa cukup unik. Biasanya berbentuk bulat atau lonjong dengan berbagai ukuran. Kulitnya tebal dan berwarna hijau saat muda, namun berubah menjadi kuning atau oranye saat matang.

Daging buah lontar berwarna putih atau agak bening, manis dan kenyal. Biji lontar berukuran besar dan keras dan sering digunakan untuk menghasilkan bahan bakar dan kerajinan lokal.

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa buah durian bagi Kesehatan Tubuh yang mungkin belum anda ketahui

 

Manfaat Kesehatan Bagian Dalam

Selain menjadi camilan yang enak, buah lontar juga memiliki beragam manfaat kesehatan, antara lain:

Sumber Nutrisi: Buah lontar kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin B, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Serat Tinggi: Kandungan serat yang tinggi dalam buah lontar membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Antioksidan Alami: Buah lontar mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Banyak yang belum tahu! Hindari 10 Makanan Ini Setelah Menikmati Buah Durian

Pengatur Gula Darah: Mengonsumsi buah lontar dengan biji dapat membantu mengatur gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penyegar Tubuh: Air kelapa muda yang ada di dalam buah lontar mengandung elektrolit alami, yang menjadikan minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber