Data Nasabah BSI Dijual di Dark Web, Kenali Apa Itu Dark Web

Data Nasabah BSI Dijual di Dark Web, Kenali Apa Itu Dark Web

Ilustrasi dark web.--Pinterest.com/@Geekprank.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Baru-baru ini terdengar isu  jika data nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) diduga tersebar di situs gelap atau biasa yang dikenal dengan Dark Web

Informasi ini dibagikan oleh akun Twitter dengan username @darktracer_int pada hari Selasa 16 Mei 2023, menurut narasi  yang dibagikan akun ini, jika data nasabah bank BSI telah diserang oleh sekelompok siber yang bernama LockBit. 

LockBit mengklaim jika gangguan layanan di BSI adalah sebab dari serangan mereka. Tak hanya itu mereka mengakui mencuri 15 juta data nasabah serta informasi karyawan 1,5 terabyte data internal.

LockBit juga diduga meminta tebusan uang kepada BSI sekitar 20 juta USD. Atas tindakan mereka mengancam akan merilis data di dark web jika negosiasi yang dibuat gagal. 

BACA JUGA:Indeks Saham Yang Terkenal di Mata Investor Asing

BACA JUGA:Drama Final Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Rebut Medali Emas Setelah 32 Tahun Penantian

Dark web sering kali diartikan sebagai tempat atau situs aktivitas ilegal dan sebagai tempat kejahatan. Namun, pada kenyataannya dark web merupakan salah satu bagian internet yang tidak terindikasi dan tidak terakses oleh browser web konvensional. 

Artinya, tidak sembarang orang dapat mengakses situs gelap atau dark web. Mengingat ini menjadi bagian tersembunyi dari internet dunia, dimana biasanya pasar gelap terjadi di sini.

Dark web merupakan bagian dari internet yang tersembunyi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Biasanya dark web tidak bisa diakses dengan mudah karena membutuhkan perangkat lunak khusus seperti The Onion Router (TOR). 

Dengan menggunakan perangkat lunak yang khusus mampu membuat pengakses untuk menjaga privasi saat menggunakan dark web. Biasanya para pengguna dark web akan menggunakan identitas anonim dan ini adalah hal yang umum dilakukan. 

BACA JUGA:Negara-negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

BACA JUGA:Racikan Indra Sjafri Patahkan Puasa Emas Indonesia

Banyak yang melakukan hal ini untuk melindungi privasi dari pemerintah ataupun mempelajari topik sensitif tanpa ketahuan oleh pihak lain. Namun, hal ini menyebabkan dark web dapat menjadi tempat bagi orang yang ingin melakukan aktivitas illegal. 

Sebagai contoh yang paling umum, dark web sering kali menjadi tempat kegiatan illegal atau tempat transaksi pasar gelap online. Pasar gelap yang dimaksudkan yaitu orang dapat dengan mudah membeli dan menjual barang-barang illegal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber