Drama Final Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Rebut Medali Emas Setelah 32 Tahun Penantian

Drama Final Sepak Bola SEA Games 2023, Indonesia Rebut Medali Emas Setelah 32 Tahun Penantian

Pada laga Final Sepak Bola SEA Games 2023 Kamboja pada Selasa malam (16/5/2023), Timnas U-22 Indonesia berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand 5-2. Medali emas yang membanggakan setelah 32 tahun penantian.--instagram.com/@pssi

KAMBOJA, PALTV.CO.ID - Final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 Kamboja telah berlangsung kemarin malam. Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan atas Thailand dengan perjalanan panjang di laga pertandingan final tersebut.

Pertandingan yang digelar di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa, 16 Mei 2023 itu, berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan medali emas dengan skor memuaskan 5-2. Penantian panjang Indonesia setelah berpuasa kemenangan di SEA Games cabor sepak bola selama 32 tahun terakhir. Akhirnya medali emas kembali ke tangan Merah Putih.

Laga final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand diwarnai dengan permainan yang dramatis. Banjir kartu dan kericuhan sempat terjadi dari kedua sisi kubu yang sedang bertanding.

Timnas Indonesia berhasil memulai pertandingan dengan tampil menyerang terlebih dahulu. Permainan drmatis sudah tersaji sejak babak pertama. Indonesia yang tampil menyerang, membuat Thailand keteteran menghadapi Indonesia dan hanya mengandalkan serangan balik saja.

BACA JUGA:Racikan Indra Sjafri Patahkan Puasa Emas Indonesia

BACA JUGA:3 Emas dan 2 Perak, Indonesia Juara Umum Cabang Esports SEA Games 2023 Kamboja

Benar saja, di menit ketujuh Indonesia mendapatkan masalah dari serangan Thailand, hingga membuat kiper Indonesia Ernando Ari, harus keluar dari sarangnya dan melakukan takel kepada pemain Thailand. Hal tersebut membuat Ernando harus mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Pada menit ke-21 Timnas Indonesia berhasil memecah kebuntuan. Lewat umpan jauh Alfeandra Dewangga, Ramadhan Sananta berhasil membuahkan gol dengan tandukan kepalanya. Indonesia memimpin sementara 1-0 atas Thailand.

Serangan-serangan balasan terus dilakukan oleh Thailand, namun belum ada yang membuahkan hasil baik. Masuk ke dalam menit tambahan waktu babak pertama, Merah Putih kembali menambahkan skor. Gol kedua Ramadhan Sananta tercipta lewat umpan jauh Rizky Ridho. Skor berubah menjadi 2-0 sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih agresif atas Indonesia. tertinggal 2-0 membuat Thailand harus bisa mengejar ketertinggalan. Ancaman serangan terus hadir di daerah pertahanan Indonesia. usaha Thailand akhirnya membuahkan hasil di menit ke-65. Dengan skema sepak pojok, Anan berhasil menyundul bola ke gawang Indonesia dan membuahkan gol. Kedudukan berubah menjadi 2-1, Thailand berusaha mengejar ketertinggalan.

BACA JUGA:Wow! Mobil Listrik Terbang Meluncur dalam Uji Coba di Slovakia

BACA JUGA:Negara-negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

Ancaman-ancaman serangan terus dilakukan oleh kedua kubu, hingga masuk ke menit tambahan waktu babak kedua kericuhan dan ketegangan sempat terjadi. Akhir menit tambahaan waktu babak kedua, Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat skema tendangan bebas, Yotsakon Burapham berhasil mencetak gol untuk Thailand.

Drama permainan pun berlanjut sampai ke babak extra time 2x15 menit. Di menit awal babak extra time, Indonesia tampil lebih agresif dan berhasil menambahkan gol menjadi 3-2 untuk Merah Putih. Gol dilesatkan oleh Irfan Jauhari melalui skema serangan balik ke kandang Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber