Mengenal Art Therapy, Cara Menyenangkan Mengatasi Emosi

Mengenal Art Therapy, Cara Menyenangkan Mengatasi Emosi

Ilustrasi Art Therapy.--pixabay.com/ponce_photography

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apa yang ada di benak kalian saat mendengar kata seni? Pasti seputar menggambar, melukis dan hal-hal yang berbau menyenangkan. Tetapi, siapa sangka jika seni dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan.

Art Therapy adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk proses pemulihan kesehatan mental dengan menggunakan berbagai macam elemen seni, seperti simbol, coretan ataupun warna.

Menurut penelitian, emosi dan pikiran memiliki keterikatan dengan perilaku. Dengan sesuatu yang menyenangkan akan lebih mampu membantu seseorang untuk memahami emosi yang ia rasakan. Terlebih lagi, terapi seperti ini merupakan metode penyembuhan emosional tanpa perlu terpengaruh.

Selain itu, diketahui bahwa Art Therapy dapat mengurangi tekanan psikologis, mengurangi trauma dan menurunkan gejala depresi. Metode terapi ini juga dapat mendukung pengobatan penyakit dan berdampak positif terhadap orang yang mengidap gangguan psikologis.

BACA JUGA:Kucing Anda Kutuan? Lakukan Ini

BACA JUGA:Staf Kementerian Pertanian RI Jalani Pemeriksaan di Palembang

Selain itu, seni membantu untuk lebih berkonsentrasi. Tidak semua orang bisa dengan leluasa untuk menyampaikan emosinya.

Para ahli, seperti Malchiodi menyatakan bahwa gambar berfungsi sebagai sarana komunikasi. Karen Machover pada penelitiannya menemukan adanya suatu hubungan yang erat antara figur gambar dan kepribadian.

Art Therapy akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan lebih rileks. Itulah yang menjadi alasan, perasaan yang jauh lebih baik ketika selesai melaksanakan Art Therapy.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh setelah melaksanakan Art Therapy.

BACA JUGA:Film Petualangan Sherina 2 Rencana Rilis 28 September 2023

BACA JUGA:Trending di 67 Negara, Lagu BTS 'The Planet Ost' dari Animasi The Bastions

- Meningkatkan rasa kepercayaan diri.

- Meningkatkan rasa suasana hati dan meningkatkan pikiran yang positif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com