Benarkah Anak Pertama Punya IQ Lebih Tinggi?

Benarkah Anak Pertama Punya IQ Lebih Tinggi?

Adik dan Kakak.--pixabay.com/Bessi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pasangan yang baru menikah pastinya sangat menunggu anugerah terindah yaitu sang buah hati di kehidupan mereka. Rasa bahagia kehadiran buah hati tidak dapat dilukiskan. Semua menjadi baru, muncul kebiasaan baru baik dari segi pengasuhan, perhatian dan kasih sayang.

Anak pertama merupakan anak yang menjadikan sebuah keluarga menjadi terasa lengkap. Pada tahap pengenalan kehidupan, semua akan tercurah kepada anak yang pertama lahir.

Pola asuh, pemenuhan kebutuhan, perhatian kesehatan dan banyak lagi, menjadikan anak pertama pengalaman bagi kedua orang tuanya. Nah, pada saat anak kedua lahir, biasanya anak pertama sudah memiliki pengalaman.

Biasanya orang tua mengajarkan anak pertama untuk dapat berbagi baik makanan, mainan, perhatian, kasih sayang, dan lainnya. Malahan beberapa di antaranya fokus mengajarkan anak pertama untuk mengalah karena dianggap sudah besar.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Coldplay Konser di Jakarta

BACA JUGA:Bawaslu OKI Surati Partai Politik Terkait Pendaftaran Bacaleg dari 1-14 Mei 2023

Tak hanya itu, anak pertama dituntut juga menjadi mandiri karena, biasanya orang tua akan lebih fokus kepada adik-adiknya yang masih kecil. Anak pertama sering dijadikan contoh yang baik untuk adik-adiknya.

Anak pertama juga sering diserahi tanggung jawab. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menyebutkan bahwa anak pertama lebih cenderung memegang peran penuh sebagai pemimpin. Biasanya anak pertama secara tak langsung sudah memimpin adik-adiknya di rumah.

Penelitian lain juga yang dilakukan oleh University of Edinburgh menyebutkan bahwa kemampuan berpikir anak pertama yang lebih superior dibanding adik-adiknya.

Walaupun orang tua memberikan bimbingan emosional yang sama kepada seluruh anak-anaknya, namun anak pertama biasanya lebih dulu menerima perhatian lebih dan menyeluruh. Hal ini disebabkan pengalaman mengasuh pertama kali bagi orang tua.

BACA JUGA:Keren! Inilah 3 Fakta Menarik Negara Malaysia dengan Menara Kembarnya

BACA JUGA:Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Seperti yang dilakukan oleh Hellosehat dari University of Mainz dan Leipzig University. Kecerdasan dan kecepatan perkembangan anak sulung dipengaruhi karena biasanya anak sulung harus mengajari adik-adiknya dengan dunia sekitar.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa anak pertama memang memiliki IQ yang lebih tinggi daripada saudara-saudaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber