Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Jurnalistik Aja

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Jurnalistik Aja

Ilustrasi jurnalis televisi.--pixabay.com/Alexa_Fotos

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, sejumlah Universitas, Sekolah Tinggi, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia mulai mempersiapkan diri menyambut mahasiswa baru. Berbagai jalur pendaftaran dikerahkan guna menyeleksi kemampuan calon mahasiswa baru

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud.go.id, tahun ini Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menyelenggarakan tiga jalur masuk pendaftaran ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Bagi lulusan SMA/SMK/MA yang masih bingung menentukan jurusan apa yang ingin didaftar, Jurnalistik jadi salah satu jawabannya. Jurnalistik sendiri bergerak mencari, mengelola dan menyebarkan informasi kepada khalayak melalui berbagai jenis media.

Media merupakan salah satu kiblat kontrol sosial masyarakat. Selain sekedar menyalurkan informasi, secara tidak langsung media dapat mengubah pola pikir dalam berkehidupan.

BACA JUGA:Rumah IAI Tersangka Korupsi Dana Hibah Bawaslu Prabumulih dan Saksi Digeledah 

BACA JUGA:Terduga Pencuri Tewas Dihakimi Massa

Secara garis besar dalam jurusan Jurnalistik, akan mempelajari teknik mengelola informasi dalam media cetak (koran), media audio (radio), dan media audio visual (televisi). Namun seiring berjalannya waktu, media sudah memasuki jenis baru yaitu New Media.

Dalam New Media, teknologi informasi menjadi basis dalam penyebarannya. Dengan menggunakan sinyal internet dapat membantu pengerjaan-pengerjaan media online yang menyediakan berbagai jenis platform online. Terlebih saat ini banyak kelonggaran yang diberikan pemerintah untuk membuat perusahaan media baru, khususnya media online.

Nah, mahasiswa jurusan Jurnalistik akan ditempa menjadi seseorang yang berpikiran kritis, sigap dan independen. Menjadi seorang Jurnalis merupakan profesi yang mulia dan mengasyikkan. Prospek kerja setelah kuliah pun terbuka luas bagi lulusan jurnalistik, yaitu menjadi jurnalis, fotografer, pembawa berita (presenter dan reporter).

Selain itu, lulusan jurnalistik dapat berprofesi sebagai penulis berita (copy writer), pegawai kantor bagian kehumasan, dan berbagai pekerjaan di bidang komunikasi dan media lainnya.

BACA JUGA:Anda Mengalami Cemas Berlebih? Ini Tanda dan Gejala Pengidap Anxiety Disorder

BACA JUGA:Banyak Diposting Ulang oleh Selebgram Indonesia, Apa Itu Met Gala?

Seorang jurnalis yang turun ke lapangan dalam mencari berita tentunya akan mendapatkan sensasi dan pengalaman yang sangat berharga. Dibutuhkan mental yang kuat, jiwa sosial yang tinggi, serta bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan baik di lingkungan yang baru.

Jika kamu tertarik menjadi seorang jurnalis, di Indonesia ada delapan Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan Jurnalistik, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber