Apa Itu Susu Millet dan Dapatkah Digunakan Setiap Hari Seperti Susu Biasa?

Apa Itu Susu Millet dan Dapatkah Digunakan Setiap Hari Seperti Susu Biasa?

Apa Itu Susu Millet dan Dapatkah Digunakan Setiap Hari Seperti Susu Biasa?--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sushma PS, ahli gizi utama di Jindal Nature Cure Institute, mengatakan: 'Susu millet adalah minuman susu yang dapat digunakan sebagai alternatif dari susu biasa.

Millet, biji-bijian berbiji kecil yang tumbuh dan dinikmati di seluruh dunia, digunakan untuk membuat susu millet, minuman non-susu. Kaya akan elemen-elemen penting seperti serat, protein, vitamin dan mineral, millet secara alami bebas gluten, kata ahli gizi Apurva Agarwal.

Agarwal mengatakan bahwa susu biasa 'dapat digantikan dengan susu millet dalam berbagai hidangan'. "Rasanya yang ringan dan teksturnya yang lembut membuatnya cocok untuk resep gurih dan manis," kata Agarwal.

Susu ini juga cocok untuk para vegetarian, orang-orang dengan intoleransi laktosa dan mereka yang memiliki alergi susu, kata Sushma PS, kepala ahli gizi di Jindal Nature Cure Institute.

BACA JUGA:ALVA ONE XP Bukan Cuma Upgrade Fitur Tapi Juga Peningkatan Kualitas

Susu millet memang tidak seterkenal atau mudah didapat seperti pengganti susu nabati lainnya seperti susu kedelai atau susu almond, tetapi susu ini masih dapat digunakan sebagai alternatif susu konvensional dalam berbagai hidangan.

Cara membuat susu millet


Apa Itu Susu Millet dan Dapatkah Digunakan Setiap Hari Seperti Susu Biasa?--free pik.com

Untuk membuat susu millet, millet biasanya direndam dalam air, dihancurkan dan dicampur dengan air.

Agarwal mengatakan, "Untuk mendapatkan konsistensi yang halus, lembut, dan seperti susu, cairan yang dihasilkan disaring untuk menghilangkan partikel padat yang tersisa."

Berbagai jenis millet dapat digunakan untuk membuat susu millet, termasuk millet jari (ragi), millet dan mata millet. Jenis millet yang digunakan akan mempengaruhi rasa dan nilai gizi susu, kata Sushma.

BACA JUGA:Mengatasi Suara Kasar Mesin Mobil: Penyebab, Tanda, dan Solusi Terbaik

Dr Ranga Santosh Kumar, seorang dokter umum dan ahli diabetes di Yashoda Hospital Advisor, Hyderabad, menguraikan beberapa jenis susu millet.

Penjelasan apa itu Ragi millet. Jawawut yang direndam semalaman atau bertunas biasanya digunakan untuk membuat susu ragi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber