Pengobatan Islamiah Dalam Penanganan Sakit Stroke

Pengobatan Islamiah Dalam Penanganan Sakit Stroke

Pengobatan Islamiah Dalam Penanganan Sakit Stroke–--unsplash.com/@Gadiel Lazcano

Al-Quran dapat berperan sebagai obat liver. Membaca dan mendengarkan ayat Alquran dapat mengurangi stres dengan meningkatkan gelombang otak dan meningkatkan aktivitas pemancar ginjal.

BACA JUGA:Mengenal Golongan Orang-orang yang Dijanjikan Masuk Surga, Panduan Berharga Umat Islam

 

2. Ayat Al-Quran

Ayat Al-Qur’an untuk terapi pengobatan penyakit stroke salah satunya adalah QS. Al-Hasyr [59] ayat 22-24 yang berbunyi:

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِۚ هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ ٢٢ هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ ٢٣ هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ ٢٤

“Dia–lah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dial–ah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

BACA JUGA:Bisa Diamalkan! Ini Dia Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Menurut Syariat Islam

 

Lalu baca QS. al-Isra’ [17] ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰ لِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ٨٢

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.”

Ayat Alquran ini cukup baik menjelaskan pikiran sebagai sarana penyembuhan, namun penyembuhan itu sendiri datangnya dari Allah SWT. Cara lain untuk mengatasi stres pada pasien stroke adalah terapi memori. Musyawarah sangat penting karena memperkuat ingatan akan rasa bersalah. 

BACA JUGA:Ini Tanda-tanda Seseorang Sedang Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT, Simak Penjelasannya!

Motivasi keluarga juga dapat membantu korban stroke mendapatkan kembali motivasinya untuk  menjalani pemulihan. Dari sudut pandang medis, meditasi melalui pernapasan dapat mempengaruhi fungsi otak, khususnya korteks serebral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber