Jangan Biarkan Anak Obesitas Menjadi Parah! Segera Terapkan Cara Diet yang Aman Untuk Anak Obesitas

 Jangan Biarkan Anak Obesitas Menjadi Parah! Segera Terapkan Cara Diet yang Aman Untuk Anak Obesitas

Jangan Biarkan Anak Obesitas Menjadi Parah! Segera Terapkan Cara Diet Yang Aman Untuk Anak Obesitas-@ andreas-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Obesitas pada anak merupakan kondisi yang harus diwaspadai dan segera ditangani, salah satunya melalui penerapan diet yang aman. 

Kondisi ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertensi, pubertas dini, gangguan perkembangan tulang, sleep apnea, hingga masalah psikososial. Bagaimana cara menerapkan diet yang aman untuk anak obesitas? Simak penjelasannya berikut ini.

Apakah Diet Aman untuk Anak?

Diet pada dasarnya adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan individu. Tujuan diet bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Pada anak obesitas, diet bertujuan tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk mencegah masalah kesehatan yang timbul akibat kelebihan berat badan. Namun, pendekatan diet pada anak berbeda dengan orang dewasa.

BACA JUGA: Pengorbanan Ibu Rumah Tangga yang Kerap Diabaikan Para Suami

Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga membutuhkan gizi yang seimbang untuk mendukung proses ini. Diet yang tidak memperhitungkan kebutuhan gizi anak dapat menghambat pertumbuhan mereka.

Oleh karena itu, diet untuk anak obesitas harus diterapkan secara bertahap dan tetap memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak mengganggu pertumbuhan mereka.

Cara Aman Diet untuk Anak Obesitas

Penanganan obesitas pada anak dapat bervariasi tergantung pada usia dan kondisi kesehatan anak. Mengingat anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan, diet yang diterapkan harus memastikan kecukupan asupan gizi sesuai kebutuhan mereka.

Target penurunan berat badan pada anak obesitas adalah 0,5–2 kg per bulan atau cukup dengan mempertahankan berat badan karena pertumbuhan mereka masih berlangsung.

Selain pengaturan asupan makanan, perubahan gaya hidup seperti meningkatkan aktivitas fisik anak melalui olahraga rutin juga penting. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Transformasi Terbaru: Panduan Mendalam Peralatan dan Bakat di PROJECT NEXT

Pengaturan Asupan Makanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: