Video: Lenggang Palembang Jadi Takjil Favorit Berbuka Puasa

Video: Lenggang Palembang Jadi Takjil Favorit Berbuka Puasa

Pempek Lenggang kuliner khas Palembang.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG kaya akan kuliner khas yang kerap dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa. Di antara menunya ialah Lenggang, salah satu olahan kuliner khas yang memiliki cita rasa unik tersendiri.

Pada bulan suci Ramadan 1444 Hijriah ini, kenikmatan rasa Lenggang masih populer di kalangan masyarakat sebagai menu takjil berbuka puasa. Jadi tak heran jika sejumlah toko pempek yang menjajakan Lenggang kerap kebanjiran pesanan. Salah satunya seperti Toko pempek Jimmy Devaten, yang berada di Jalan Depaten Lama, Kelurahan 27 Ilir Kecamatan Ilir Barat II, Palembang.

Pengelola Toko Pempek Jimmy Devaten, Helen Permatasi mengatakan, pada bulan suci Ramadan tahun ini, Lenggang jadi menu favorit pembeli. Jika pada hari biasa setidaknya hanya 50 hingga 60 porsi saja yang terjual, namun pada bulan suci Ramadan ini penjualan dalam satu hari di kisaran 100 hingga 150 porsi Lenggang.

Dengan harga per porsi di kisaran Rp10.000 saja, biasanya pembeli sudah memesan sejak pagi hari dan diambil ketika sudah mendekati waktu berbuka puasa. Mendekati momen Idul Fitri ini, pesanan semakin meningkat, lantaran cukup banyak juga pembeli yang meminta untuk pengiriman ke luar daerah.

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Palembang Serap Langsung Aspirasi Rakyat dalam Reses Dapil VI di Karya Jaya

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Berikan THR, Ratusan Petugas Kebersihan Kabupaten Muba Ucap Syukur Alhamdulillah

“Iya sih menu favorit di Toko Pempek Jimmy. Di bulan puasa ini penjualan meningkat, Kak. Kalau hari biasa 50 sampai 60 pieces Lenggang yang terjual, kalau di bulan puasa ini 100 sampai 150an pieces Lenggang terjual. Harga satuannya cuma Rp10.000,” terang Helen sambil meladeni pelanggan silih berganti.

Untuk membuat lenggang cukup mudah. Dimulai dari masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wadah dari daun pisang, masukkan adonan pempek, lalu panggang di atas bara sambil di bolak-balik  hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan Pempek Lenggang dengan cuko alias saus khas Palembang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv