Inilah Alasan Mengapa Mengganti Shockbreaker Harus Sepasang

Inilah Alasan Mengapa Mengganti Shockbreaker Harus Sepasang

Inilah Alasan Mengapa Mengganti Shockbreaker Harus Sepasang--instagram.com/@explicit_garage

Jika hanya satu shockbreaker yang diganti karena kerusakan, stabilitas mobil bisa terganggu. Terutama saat mobil berkecepatan tinggi, stabilitas sangat diperlukan. Jika shockbreaker kanan dan kiri tidak stabil, pergerakan mobil menjadi lebih berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

BACA JUGA:Sungguh Tak Wajar, Tiang Listrik di Tengah Jalan Ganggu Pengendara Kota Prabumulih

3. Memaksimalkan Fungsi sebagai Peredam Kejutan:

Kerusakan umum pada shockbreaker adalah ausnya karet bushing shock absorber, yang mengakibatkan oli merembes keluar dari salam shockbreaker. Tanda-tanda ini terlihat dari kelembaban pada seluruh permukaan batang bawah shockbreaker yang terkena oli.

Jika salah satu shockbreaker mengalami masalah ini, maka disarankan untuk tetap mengganti keduanya. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi shockbreaker sebagai peredam kejutan.

Dengan begitu, kinerja peredaman dapat bekerja secara optimal, memberikan kenyamanan baik bagi penumpang maupun pengemudi.

BACA JUGA:Kurangi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru di Perlintasan Kereta, PTKAI Tunda Perjalanan Babaranjang

Tips Merawat Shockbreaker Mobil dengan Mudah:

Setelah memahami betapa pentingnya peran shockbreaker dalam kenyamanan dan keamanan berkendara, berikut adalah tips sederhana untuk merawatnya:

1. Hilangkan Kotoran yang Menempel:

Karena posisinya di bawah mobil, shockbreaker rentan terkena kotoran, terutama saat musim hujan. Debu halus atau kotoran yang menempel pada komponen ini dapat menggores bagian as shockbreaker.

BACA JUGA:Momen Natal dan Tahun Baru, PGI Sumsel Tekankan Netralitas Gereja dan Berikan Suasana Damai di Tahun Politik

Untuk menghindari masalah ini, rutin membersihkan kaki-kaki mobil, terutama setelah melintasi jalanan basah, menggunakan air bersih dan sabun.

2. Periksa Karet Pelindung Shockbreaker Secara Berkala:

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap karet pelindung pada shockbreaker mobil. Kotoran yang masuk ke bagian shockbreaker sering kali terkait dengan kondisi karet pelindung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber