5 Desa Terapung Nan Molek di Indonesia

5 Desa Terapung Nan Molek di Indonesia

Desa Torosiaje berada di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pahuwato, Gorontalo. Terdapat 95 persen permukiman yang berada di atas perairan Torosiaje.--instagram.com/@iwayan_sudana

Desa Salotengnga terapung ini di bangun pada tahun 1970-an. Saat itu masyarakat setempat yang termasuk dalam rumpun suku Bugis akhirnya membuat rumah kedua mereka yang kemudian dihanyutkan ke tengah danau.

Menghanyutkan rumah dilakukan masyarakat setempat dengan tujuan agar memudahkan perjuangan mencari ikan. Mereka beranggapan apabila menggunakan perahu sampan, maka membuat repot dan akan menghabiskan banyak waktu.

4. Desa Sungai Mahakam, Kalimantan

BACA JUGA:Polda Sumsel Grebek Loket Travel di Kawasan Kolonel Atmo, 3 Pengedar Sabu Tak Berkutik

BACA JUGA:Lagi, Polda Sumsel Tangkap Pelaku Penipuan Mengatasnamakan Bank BRI

Desa Sungai Mahakam menjadi salah satu desa terapung nan molek di Indonesia. Terdapat banyak pemukiman penduduk yang menghuni di sepanjang Sungai Mahakam. Desa tersebut ialah Desa Melintang, Desa Jantur, dan beberapa desa terapung lainnya.

Pemukiman terapung ini telah dibangun sejak ratusan tahun yang silam, yang kebanyakan dihuni oleh suku asli Kalimatan Timur menyerupai Suku Dayak, Bugis, Banjar, dan puluhan suku lainnya.

5. Desa Tablasupa, Papua

Desa terapung nan molek di Indonesia berikutnya adalah Desa Tablasupa, Papua. Desa ini terletak di Kabupaten Jayapura yang memiliki beberapa rumah terapung dan berada di Laut Teluk Tanah Merah.

BACA JUGA:Susur Sungai Musi, Layanan Penukaran Uang ke Wilayah 3T Jelang Idul Fitri

BACA JUGA:ASN Boleh Terima Parcel Lebaran dengan Ketentuan Tidak Masuk Gratifikasi

Rumah terapung ini terbuat dari kayu dan bambu. Pada gerbang desa terdapat tugu peringatan dengan tulisan 'Asena Wagdi' yang memiliki arti kabar baik. Tugu tersebut merupakan tugu peringatan seabad masuknya Injil ke Desa Tablasupa yang mayoritas beragama Kristen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber