5 Desa Terapung Nan Molek di Indonesia

5 Desa Terapung Nan Molek di Indonesia

Desa Torosiaje berada di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pahuwato, Gorontalo. Terdapat 95 persen permukiman yang berada di atas perairan Torosiaje.--instagram.com/@iwayan_sudana

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan lautan. Indonesia juga memiliki daerah yang masyarakatnya hidup secara berdampingan dengan laut.

Desa terapung merupakan sebuah Desa yang terletak di atas permukaan air, baik itu danau, sungai, maupun air laut. Berikut ini lima Desa terapung nan molek di Indonesia.

1. Desa Torosiaje, Gorontalo

Desa terapung nan molek di Indonesia pertama adalah Desa Torosiaje yang berada di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pahuwato, Gorontalo. Terdapat 95 persen permukiman yang berada di atas perairan Torosiaje.

BACA JUGA:Berbagai Khasiat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Bocoran Skin Collector April 2023 Mobile Legends: Bang Bang!

Permukiman ini banyak dihuni oleh masyarakat suku Bajo yang terkenal dengan pelaut ulung. Jika ingin berkunjung ke desa ini maka Anda harus menghabiskan waktu sekitar 7-8 jam perjalanan dari Kota Gorontalo menggunakan angkutan umum. Masyarakat desa ini memiliki mata pencarian sebagai nelayan dan penambak ikan. Desa ini masih asri, sunyi dan gelap karena letaknya terpencil dan jauh dari kota.

2. Desa Ayapo, Jayapura

Desa terapung nan molek di Indonesia berikutnya ialah Desa Ayapo yang berada di Jayapura. Ayapo menjadi salah satu dari 24 desa etika yang tersebar di danau tersebut.

Desa Ayapo menjadi rumah terapung paling kokoh karena terbuat dari kayu Sua, jenis kayu yang memiliki ketahanan paling kuat. Sebab, jika terkena air maka kayu itu semakin menjadi tahan lama. Bahkan, kayu ini juga yang menjadi bahan pondasi jembatan terapung yang menjadi penghubung satu rumah ke rumah lainnya.

3. Desa Salotengnga, Sulawesi Selatan

BACA JUGA:Habis Manis Sepah Dibuang, Nasib Sri Wahyuni 3 Tahun Pacaran dengan Laki Orang Berujung Penjara

BACA JUGA:Jalan Sempit dan Pemukiman Padat Penduduk sempat Menyulitkan Tim Evakuasi Pohon Kapuk Tumbang

Desa terapung nan molek di Indonesia selanjutnya adalah Desa Salotengnga yang berada di Kecamatan Sabang Baru Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber