Presiden Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Presiden Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Presiden Jokowi Lantik Andi Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian --Foto : setkab.go.id

PALEMABNG, PALTV.CO.ID - Istana Negara, 25 Oktober 2023 - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) dalam suatu upacara yang digelar di Istana Negara pada pagi ini.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024.

Upacara pelantikan dimulai dengan pembacaan Keppres oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Nani Purwati.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diucapkan oleh Andi Amran Sulaiman.

BACA JUGA:Jokowi Kunker Ke Palembang Akan Melakukan Sejumlah Kegiatan

Dalam sumpah jabatan tersebut, Amran Sulaiman berjanji untuk setia kepada Undang-Undang Dasar 1945 dan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan penuh integritas, demi berkarya dan berbakti kepada bangsa dan negara.

Ia juga berkomitmen untuk menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas jabatannya sebagai Menteri Pertanian.

Andi Amran Sulaiman menggantikan Syahrul Yasin Limpo, yang sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mentan awal bulan ini.

Amran sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode pertama, yakni dari tahun 2014 hingga 2019.

BACA JUGA:Promo Akhir Tahun, Garuda Indonesia Gelar Garuda Indonesia Travel Fair 2023 Serentak di 7 Kota Besar

Upacara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono.

Pengangkatan kembali Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian Indonesia, serta memajukan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di tanah air.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber: https://setkab.go.id