Botok! Makanan Tradisional Khas Jawa Yang Unik, Menggunakan Ampas Kelapa Dan Dibungkus Daun Pisang.

Botok! Makanan Tradisional Khas Jawa Yang Unik, Menggunakan Ampas Kelapa Dan Dibungkus Daun Pisang.

Botok! Makanan Tradisional Khas Jawa Yang Unik, Menggunakan Ampas Kelapa Dan Dibungkus Daun Pisang. --instagram.com/@kukitv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Botok dalam bahasa jawa disebut dengan Bothok. Botok merupakan makanan tradisional Jawa tengah yang dibuat dari ampas kelapa yang telah diambil sarinya.

Zaman dulu yang disebut  botok hanyalah makanan yang terbuat dari ampas kelapa yang dimasak, agar ampas kelapa yang masih bagus atau bergizi tidak terbuang begitu saja.

Tak hanya terbuat dari ampas kelapa, makanan khas jawa tengah ini menjadi unik dikarenakan setelah dimasak, makanan yang disebut orang jawa botok ini dibungkus dengan daun pisang

Namun, sebelum dibungkus daun pisang, ampas kelapa tersebut dibumbui dengan garam, cabai, daun salam, dan merica. Lalu setelah itu botok dikukus dalam uap panas sampai daun pisang berubah warna, yang menandakan bahwa botok siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

BACA JUGA:ISPU Kota Palembang Kembali Meningkat, Menyebabkan Kualitas Udara Masuk Kategori Bahaya

Dahulu, makanan botok hanya berisikan ampas kelapa yang dicampur dengan sedikit bahan lainnya, tetapi kini botok telah banyak dimodifikasi dengan tambahan tempe, petai cina, teri, udang, bahkan lebah di dalam nya. Botok palling enak disajikan dengan nasi panas. 

Dan kini juga botok tak selalu dibungkus dengan daun pisang, ada botok dari beberapa daerah yang menggunakan daun lain nya yang biasa ada di daerah tersebut dan mudah untuk ditemukan, misalnya daun talas, daun pepaya, daun mengkudu, dan daun singkong.


Botok! Makanan Tradisional Khas Jawa Yang Unik, Menggunakan Ampas Kelapa Dan Dibungkus Daun Pisang. --instagram.com/@kukitv

Selain lezat, botok juga termasuk makanan murah karena bahan – bahan yang digunakan untuk membuat botok terbilang standar dan mudah sekali ditemukan di pasar swalayan. Tak hanya murah, botok juga mudah dibuat, dan tentunya sehat.

Dalam berbagai perayaan atau acara syukuran khususnya di daerah Jawa Tengah, botok masih sering disungguhkan dan dibagikan kepada tamu.

BACA JUGA: Cawapres Mahfud MD Siap Berkontestasi Dalam Pemilu 2024 Dampingi Capres Ganjar Pranowo.

Seperti sudah menjadi hal yang wajib untuk ada, botok memang jarang sekali digantikan dengan menu yang lain. Hal ini pun menjadi salah satu ciri khas dan kebiasaan untuk masyarakat disana.

Walaupun botok termasuk salah satu makanan yang kuno serta banyaknya makananan unik dan makanan modern lain nya, botok tetep menjadi makanan tardisional khas jawa tengah yang paling ramai digemari oleh banyak orang karena memiliki keunikan tersendiri dari dulu hingga sekarang.

Banyak macam botok yang terkenal di lingkungan masyarakat, yaitu botok tempe, botok ikan asin, botok lamtoro, botok sembukan, dan ada juga botok ayam, botok daging, botok udang, dan lain – lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber