Maraknya Kasus Perundungan dan Kekerasan Terhadap Anak, Ini Tanggapan KPAD Musi Banyuasin

Maraknya Kasus Perundungan dan Kekerasan Terhadap Anak, Ini Tanggapan KPAD Musi Banyuasin

Kesadaran dan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci dalam membentengi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan dan perundungan.--freepik.com/@pikisuperstar

Selain itu, Soleman berharap agar orang tua dapat lebih memahami permasalahan yang dihadapi anak-anak mereka. Para orang tua diminta berperan aktif dalam membimbing anak-anak mereka menuju perilaku yang lebih positif.

BACA JUGA:Cukup dengan KTP, Ribuan Warga di OKU Selatan Bisa Berobat Gratis!

Untuk mencegah agar anak-anak tidak menjadi pelaku dan korban perundungan, ada baiknya untuk mencoba beberapa tips untuk membantu anak menghindari tindakan perundungan.

1. Komunikasi Terbuka

Ajari anak Anda untuk selalu berbicara tentang pengalaman dan perasaan mereka. Pastikan mereka tahu bahwa Anda selalu siap mendengarkan dan membantu.

2. Pentingnya Teman

BACA JUGA:SMA Negeri 6 Palembang Wajibkan Pelajar Gunakan Masker Demi Menjaga Kesehatan dari Kabut Asap Karhutla

Ajarkan anak Anda pentingnya memiliki teman yang baik dan sehat. Diskusikan bagaimana memilih teman yang mendukung dan tidak melakukan perundungan.

3. Empati

Ajari anak untuk memahami perasaan orang lain. Mendorong empati akan membantu mereka merasa lebih terhubung dengan teman-teman mereka.

4. Pentingnya Melaporkan

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Anggarkan Tunjangan Kinerja Untuk PPPK

Jelaskan kepada anak Anda bahwa jika mereka menyaksikan atau menjadi korban perundungan, penting untuk segera melaporkannya kepada guru, staf sekolah, atau Anda sebagai orang tua.

5. Tidak Menghadapi Perundungan Sendiri

Anjurkan anak untuk tidak mencoba menghadapi perundungan secara sendiri. Selalu ada orang dewasa yang dapat membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber