Teknologi yang Belum Tertandingi, Cara Kerja Fiber Optik dalam Mengirim Data dengan Kecepatan Cahaya

Teknologi yang Belum Tertandingi, Cara Kerja Fiber Optik dalam Mengirim Data dengan Kecepatan Cahaya

Fiber optik telah menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung aliran data yang cepat dan handal.--freepik.com/@freepik

BACA JUGA:3 Aplikasi Pinjaman Online Tercatat OJK Bunga Rendah Gak Bikin Kantong Melempem

3. Sistem Komputer

Dalam lingkungan bisnis dan data center, fiber optik menghubungkan komputer dan perangkat lain dalam jaringan lokal, memungkinkan transfer data yang cepat dan efisien.

4. Penyiaran Televisi

Fiber optik digunakan dalam penyiaran televisi untuk mengirimkan sinyal video berkualitas tinggi dari lokasi produksi ke stasiun pemancar.

BACA JUGA:Kabar Baik! Penerimaan 576 PPPK Kabupaten Ogan Ilir, Begini Tahapan Pendaftaran dan Tes Seleksi

5. Industri Medis

Dalam dunia medis, fiber optik digunakan dalam peralatan endoskopi untuk membantu visualisasi organ dalam tubuh tanpa perlu pembedahan besar.

6. Sensor Optik

Fiber optik digunakan sebagai sensor dalam berbagai aplikasi, mendeteksi perubahan tekanan, suhu, kelembaban, dan lainnya dalam lingkungan tertentu.

BACA JUGA:Video: Kepala BNPB Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla di Sumatera Selatan

7. Pengumpulan Data Jarak Jauh

Perangkat penginderaan jarak jauh menggunakan teknologi fiber optik untuk mengumpulkan data dari lokasi yang sulit dijangkau dan menyampaikannya ke tempat yang lebih aman dan mudah diakses.

Struktur Kabel Fiber Optik

Serat optik memiliki struktur yang rumit yang memastikan penghantaran cahaya yang efisien. Ini berbeda dengan kabel tembaga dan memiliki keunggulan terhadap gangguan elektromagnetik. Strukturnya terdiri dari:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber