Video: Kepala BNPB Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla di Sumatera Selatan

Video: Kepala BNPB Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla di Sumatera Selatan

Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Provinsi Sumatera Selatan dipimpin oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Gedung Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (12/9/2023).-Aji Delia-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Provinsi Sumater Selatan di Kantor Gubernur Sumatera Selatan, tepatnya di Gedung Bina Praja pada hari Selasa, 12 September 2023.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, saat ini kebakaran hutan ataupun lahan tidak hanya terjadi di Sumatera Selatan, tetapi kebakaran terjadi di mana-mana.

Pengaruh musim kemarau, kebakaran juga melanda Jawa barat, Jawa tengah, serta tambahan di gunung-gunung turut terbakar, seperti di Gunung Bromo di Jawa Timur.

Dari data yang didapat, kebakaran juga melanda Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, dan Riau.

BACA JUGA:General Manager PALTV Akan Berangkat Umrah Bersama Holiday Angkasa Wisata PT Southern Of Sumatera

BACA JUGA:Lengkapi Bukti Perkara, Kejati Sumsel Kembali Periksa 2 Saksi Dugaan Korupsi KONI Sumsel

Untuk mengatasi karhutla di Sumatera Selatan, BNPB mengalihkan kelengkapan helikopter water boombing dari Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Suharyanto berharap, tiap-tiap Provinsi jangan lagi  bangga serta diam saja jika terdapat  asap yang berpotensi menyebabkan negara tetangga terganggu.

Untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan air tersebut, Suharyanto mengatakan BNPB akan secara masif melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), baik untuk pemadaman api maupun memenuhi kebutuhan air masyarakat.

Ditambahkan Suharyanto, mumpung masih dingin dan lumayan basah, embung dan waduk yang ada dipastikan ketersediaan airnya. Jangan sampai saat mau melakukan water bombing tapi airnya tidak ada.

BACA JUGA:KPU Banyuasin Buka Penerimaan 17.948 Petugas KPPS, Ini Syarat Pendaftarannya

BACA JUGA:Pos Penjagaan di Pemkab Muara Enim Kosong, 300 lebih Satpol PP Unjuk Rasa Tuntut Kejelasan Nasib

Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan secara simbolis uang tunai sebesar Rp5 miliar serta peralatan dan perlengkapan dukungan operasi darat penanganan Karhutla di Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv