Teknologi yang Belum Tertandingi, Cara Kerja Fiber Optik dalam Mengirim Data dengan Kecepatan Cahaya

Teknologi yang Belum Tertandingi, Cara Kerja Fiber Optik dalam Mengirim Data dengan Kecepatan Cahaya

Fiber optik telah menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung aliran data yang cepat dan handal.--freepik.com/@freepik

BACA JUGA:Pos Penjagaan di Pemkab Muara Enim Kosong, 300 lebih Satpol PP Unjuk Rasa Tuntut Kejelasan Nasib

2.  Penyiaran Cahaya

Cahaya yang dihasilkan akan disalurkan ke dalam inti serat optik. Karena indeks bias yang berbeda antara inti dan cladding, cahaya akan terperangkap di dalam inti dan mengalami pantulan saat mengalir di dalam serat.

3.  Pantulan Total

Prinsip pantulan total memastikan cahaya tidak bocor dari serat optik dan tetap terkonsentrasi di dalam inti, sehingga sinyal dapat dikirimkan dengan kehilangan sedikit energi cahaya.

BACA JUGA:Menggunakan Kereta Khusus, Kim Jong Un Berangkat Temui Putin di Rusia, Eh Amerika Serikat Ketar Ketir

4. Deteksi Sinyal

Di ujung penerima, fotodetektor mendeteksi cahaya yang datang dari serat optik dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik yang mewakili data yang dikirimkan melalui serat optik.

5. Pemrosesan

Sinyal elektrik diproses dan diubah menjadi data yang dapat dimengerti oleh perangkat penerima seperti komputer, telepon, atau televisi.

BACA JUGA:Untung Nugroho Sebut Saat Ini Belum Ada yang Lapor ke OJK Sumbagsel Terkait Kasus Future E-Commerce (FEC)

Fiber optik tetap menjadi pilihan utama untuk mentransmisikan data dan komunikasi, menghadirkan kecepatan dan keandalan yang tak tertandingi.

Meskipun mahal, keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi ini sangat sepadan. Jika Anda ingin memasang jaringan fiber optik, menggunakan layanan profesional adalah langkah bijak untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Pasang Jaringan, dengan pengalaman dan kepercayaan yang dimilikinya, adalah solusi terbaik untuk kebutuhan pemasangan jaringan fiber optik Anda. Kunjungi website resmi Pasang Jaringan untuk informasi lebih lanjut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber