5 Dampak Buruk Jika Lapisan Es di Antartika Mencair, Nomor 5 sangat Mengerikan

5 Dampak Buruk Jika Lapisan Es di Antartika Mencair, Nomor 5 sangat Mengerikan

Lapisan Es di Antartika Mencair--Sc gambar pixabay-alkalenski

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Antartika, sungguh sebuah benua yang spektakuler dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu ciri khas benua ini adalah lapisan es yang meliputi sebagian besar wilayahnya.

Namun, sayangnya, perubahan iklim global turut mempengaruhi kawasan ini. Artinya, lapisan es di Antartika mengalami pencairan yang signifikan.

Kali ini, kita akan mencoba memahami dan membahas beberapa dampak buruk jika lapisan es di Antartika mencair.

1. Peningkatan Permukaan Air Laut

Salah satu dampak buruk jika lapisan es di Antartika mencair adalah peningkatan permukaan air laut. Seiring pencairan ini berlangsung, volume air yang semula terperangkap dalam bentuk es dilepaskan ke samudra.

BACA JUGA:Meski Kurang Populer! Manfaat Susu Kambing dan Turunan Produk Susu Kambing Luar Biasa

BACA JUGA:Estimasi Biaya Meninggikan Rumah, Solusi Tepat Menghadapi Banjir Agar Bisa Tidur Nyenyak

Hal ini berarti air laut akan naik secara signifikan, mengakibatkan ancaman bagi pulau-pulau kecil, pesisir, dan negara-negara di dekat garis pantai.

Permukaan air laut yang lebih tinggi juga meningkatkan risiko banjir, erosi pantai bahkan yang paling parah bisa menenggelamkan suatu daerah, dan juga berdampak intrusinya air asin ke mata air bawah tanah.

2. Gangguan pada Ekosistem Laut

Dampak buruk jika lapisan es di antartika selanjutnya adalah perubahan suhu dan peningkatan konsentrasi air tawar dari es yang mencair dapat mengganggu keseimbangan ekosistem laut di sekitar Antartika.

Organisme laut seperti phytoplankton dan zooplankton yang menjadi dasar rantai makanan bergantung pada suhu air yang stabil. Perubahan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan distribusi populasi organisme laut yang lebih tinggi seperti ikan, burung laut, dan mamalia laut, dengan konsekuensi serius bagi keseimbangan ekosistem.

BACA JUGA:Revolusi Teknologi 5G: Masa Depan Terhubung Lebih Cepat Menuju Era Digital Baru

BACA JUGA:Perjalanan Melintasi Zaman: Sejarah dan Upaya Pelestarian Kura-kura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber