Perjalanan Melintasi Zaman: Sejarah dan Upaya Pelestarian Kura-kura

Perjalanan Melintasi Zaman: Sejarah dan Upaya Pelestarian Kura-kura

Sejarah kura-kura yang ada sejak ratusan tahun lalu, dan upaya pelestarian kura-kura-- @istanakurakura

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kura-kura merupakan hewan melata yang bergerak sangat lamban. Memiliki cangkang yang keras, Kura-kura dapat hidup di daratan yang sedikit air atau dalam laut dalam. Kehidupan Kura-kura ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang.

Sebagai binatang yang melambangkan kedaiaman, kura-kura sangat disukai banyak orang. Bahkan, kolektor kura-kura langka berani mengkoleksi kura-kura dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Bagi anak kecil, kura-kura merupakah hewan yang menggemaskan. Beberapa spesies kura-kura mungil dijadikan peliharaan di rumah. Sementara, tempat-tempat wisata di tepi laut biasanya menjadikan kura-kura sebagai objek hewan wisata yang menarik.

Nah, bagaimana sejarah dan budaya serta upaya pelestarian kura-kura?.

BACA JUGA:Rekor Ajaib Terpecahkan: Atlet Dunia Mencetak Prestasi Luar Biasa di Olimpiade Global

Sejarah kura-kura meliputi ribuan tahun evolusi dan adaptasi dari spesies-spesies tersebut. Berikut adalah gambaran umum tentang sejarah kura-kura:

1. Evolusi Awal: Fosil-fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa kura-kura telah ada selama ribuan tahun. Kura-kura adalah bagian dari kelompok reptil yang disebut sauropsida, yang juga mencakup kadal, ular, dan burung. Kura-kura paling awal diyakini hidup di sekitar beberapa abad yang lalu.

2. Pengembangan Cangkang: Salah satu ciri utama kura-kura adalah cangkang keras yang melindungi tubuh mereka. Cangkang ini berkembang dari tulang-tulang yang dimodifikasi dan secara evolusioner membantu melindungi kura-kura dari predator.

3. Spesies-Spesies Kuno: Berbagai jenis kura-kura telah berevolusi selama sejarah. Beberapa spesies kura-kura purba seperti Archelon, yang hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu, memiliki ukuran yang besar dan hidup di laut.

BACA JUGA:Kenali 15 Ciri-ciri Orang Manipulatif dan 10 Cara Menghadapinya

Beberapa spesies yang lebih primitif bahkan memiliki kemampuan berenang yang baik dan lebih mirip dengan kadal daripada kura-kura modern.

4. Diversifikasi: Selama sejarah, kura-kura berevolusi menjadi berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada lingkungan dan tekanan seleksi. Beberapa kura-kura hidup di laut, sementara yang lain hidup di air tawar dan daratan.

5. Ancaman dan Konservasi: Seiring dengan perkembangan manusia dan aktivitas manusia, banyak spesies kura-kura menghadapi ancaman seperti hilangnya habitat, perburuan ilegal, dan pencemaran. Banyak spesies kura-kura juga masuk dalam daftar terancam punah.

Oleh karena itu, upaya konservasi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan populasi kura-kura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber