Kue Getuk, Makanan Ikon Tradisional Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Kue Getuk, Makanan Ikon Tradisional Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Ragam Kue Getuk DI Indonesia--https://pixabay.com/istockphoto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Makanan adalah salah satu aspek penting dari budaya suatu bangsa. Di Indonesia, berbagai macam makanan tradisional menggambarkan kekayaan kuliner yang dimiliki negara ini. Salah satu makanan tradisional yang tak kalah lezat dan menarik perhatian adalah getuk

Getuk adalah makanan yang terbuat dari singkong, gula, dan kelapa parut. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang sejarah, bahan, cara pembuatan, dan ragam jenis getuk yang ada di Indonesia.

Sejarah Getuk

Getuk memiliki sejarah panjang di Indonesia. Asal-usulnya dapat ditelusuri hingga masa pra-sejarah, di mana orang-orang pribumi Indonesia telah menggunakan singkong sebagai sumber makanan utama.

BACA JUGA:5 hari Tayang Ditonton 1 juta orang! Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon Lewati Proses Yang Sulit

BACA JUGA:Meningkatkan Kinerja Laptop dengan Mengganti SSD dan RAM, Begini Caranya

Namun, getuk baru mulai populer sebagai makanan yang diolah dan dihidangkan secara khusus pada era kolonial. Semakin berkembangnya zaman, getuk pun menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi kuliner di berbagai daerah di Indonesia.

Bahan Utama dan Cara Pembuatan

Getuk terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya. Singkong dicuci, dikupas, dan diiris tipis-tipis sebelum direbus hingga lunak.

Setelah itu, singkong dihaluskan atau di uleg hingga menjadi tekstur yang lembut dan kenyal. Gula menjadi bahan lain yang tak boleh terlewatkan, karena memberikan rasa manis pada getuk. Selain itu, kelapa parut segar juga digunakan untuk memberikan cita rasa khas dan gurih pada makanan ini.

BACA JUGA:Perumda Tirta Musi Palembang Berkomitmen untuk Memenuhi Kebutuhan Distribusi Air Minum di Seluruh Wilayah

BACA JUGA:Inilah Penyebab Gigi Berlubang Yang Membuat Penderitanya Tersiksa Layaknya Sakit Hati Karena Putus Cinta

Setelah semua bahan diolah dengan baik, getuk dapat dihidangkan dalam beberapa bentuk. Salah satu bentuk paling sederhana adalah getuk gulung, di mana adonan singkong dibentuk menjadi gulungan dengan gula dan kelapa parut di dalamnya.

Selain itu, ada juga getuk lindri, di mana adonan singkong diberi warna dan dibentuk seperti batang lidi. Beberapa daerah juga memiliki variasi khas sendiri dalam penyajian getuk, menambah kekayaan kuliner Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber