Inilah Penyebab Gigi Berlubang Yang Membuat Penderitanya Tersiksa Layaknya Sakit Hati Karena Putus Cinta

Inilah Penyebab Gigi Berlubang Yang Membuat Penderitanya Tersiksa Layaknya Sakit Hati Karena Putus Cinta

Jangan Anggap Remeh, Inilah Penyebab Gigi Berlubang Yang Membuat Penderitanya Tersiksa Layaknya Sakit Hati Karena Putus Cinta.-foto/johanes-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gigi berlubang, juga dikenal sebagai karies Gigi atau pembusukan Gigi, disebabkan oleh interaksi antara faktor-faktor tertentu dalam mulut.

Proses pembusukan ini menghasilkan kerusakan pada lapisan keras gigi (email, dentin, dan pulpa) dan berujung pada pembentukan lubang pada gigi. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab utama gigi berlubang hingga penanganannya :

1. Bakteri dan Plak

Bakteri yang ada dalam mulut adalah penyebab utama karies gigi. Bakteri ini membentuk lapisan lengket yang disebut plak di permukaan gigi.

Plak mengandung bakteri yang memetabolisme gula dan karbohidrat dalam makanan, menghasilkan asam. Asam ini merusak lapisan email gigi, membuka jalan bagi pembentukan lubang.

2. Konsumsi Makanan Manis dan Asam

Makanan dan minuman yang mengandung gula, terutama gula yang mudah dicerna oleh bakteri, dapat memberi nutrisi pada bakteri di mulut. Bakteri ini kemudian menghasilkan asam sebagai produk sampingan, yang merusak enamel gigi dan memulai proses karies.

BACA JUGA:Kebiasaan yang Baik Setelah Bangun Tidur untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

BACA JUGA:MUI Sumsel Sebut Kasus Lina Mukherjee, Perbuatan yang Merendahkan Kalimat Allah

3. Kurangnya Kebersihan Mulut

 Kurangnya kebiasaan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan area di antara gigi dengan benang gigi dapat menyebabkan penumpukan plak dan meningkatkan risiko pembusukan.

4. Gigi Tidak Teratur

Gigi yang tumbuh berjejal atau tidak teratur dapat membuat sulit untuk membersihkan plak dengan baik, sehingga meningkatkan risiko pembusukan pada area sulit dijangkau.

5. Gigi Sensitif Terhadap Asam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id