Salai Tempoyak Khas Lahat, Makanan Tradisional Desa yang Menggugah Selera

Salai Tempoyak Khas Lahat, Makanan Tradisional Desa yang Menggugah Selera

Salai Tempoyak khas Lahat.-Hadleny Kitchen-Tangkapan layar cookpad.com/Hadleny Kitchen

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lahat merupakan salah satu daerah terletak di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki beragam kekayaan, seperti wisata alam, cagar budaya dan kehidupan masyarakat. Bahkan, makanan khas Lahat pun memiliki cita rasa istimewa di setiap masakannya.

Kekayaan Lahat dengan keunikannya tersebut telah menarik perhatian berbagai kalangan. Maka tak heran jika Lahat menjadi salah satu rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi di Provinsi Sumatera Selatan.

Tidak jarang wisatawan dari luar daerah bahkan sampai turis asing pun berkunjung ke Lahat. Mereka datang untuk menikmati keindahan alam dan masakan khas daerah Lahat yang begitu lezat. Ada banyak tempat yang mempesona dan masakan yang memiliki daya tarik tersendiri. Nah, pada saat libur akhir pekan, wisata alam bahkan resto khas Lahat ramai dikunjungi oleh para pelancong.

Apabila berkunjung atau berlibur ke suatu daerah, rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Kabupaten Lahat memiliki beragam makanan tradisional yang memiliki cita rasa khas, dan disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Makanan khas yang disajikan juga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Atau bisa pula disantap dan disajikan langsung di lesehan atau tempat makan yang menyediakan.

BACA JUGA:Kanal Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Tercemar Kompe alias Eceng Gondok

BACA JUGA:Demi Memenuhi Permintaan Terakhir Freddie Mercury

Salai tempoyak merupakan salah satu rekomendasi makanan khas daerah Lahat. Salai tempoyak memiliki cita rasa unik dan lezat, sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk menyantapnya. tempoyak merupakan makanan yang bahan dasar pembuatannya dari buah durian. Daging durian yang dipisahkan dari bijinya kemudian difermentasi sehingga menjadi tempoyak.

Rasa tempoyak juga terbilang unik. Cita rasa durian bercampur rasa asin, manis, dan aromanya yang begitu tajam membuat orang yang menyantapnya ketagihan. Tempoyak umumnya disajikan dalam bentuk sambal, dimasak dengan lauk pauk dan bahkan tak jarang orang menyantap tempoyak murni tanpa diolah.

Salai merupakan ikan baung atau ikan lele yang dikeringkan dengan cara diasapkan. Masyarakat Lahat biasanya memasak salai ini bersamaan dengan tempoyak, sehingga aroma dan rasa yang dihasilkan sangat lezat, apalagi bila menyantapnya dengan nasi yang hangat.

Adapun bahan yang digunakan apabila kalian ingin menyantap salai tempoyak tanpa harus berkunjung jauh-jauh ke Lahat.

BACA JUGA:Kain Tenun Berbahan Serat Daun Nanas Khas Prabumulih

BACA JUGA:Tips dan Trik Meluluhkan Hati Pasangan Saat Ribut Besar

Kalian wajib mempunyai ikan salai yang dapat ditemukan di pasar.

Kalian juga harus menyiapkan air hangat untuk diseduh bersamaan dengan ikan salai tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cookpad.com