Punya Lahan Lebih! Tanam Rambutan Saja, Menguntungkan dan Dapat Jadi Pohon Pelindung.

Punya Lahan Lebih! Tanam Rambutan Saja, Menguntungkan dan Dapat Jadi Pohon Pelindung.

Memiliki lahan koson, baiknya ditanam pohon rambutan selain menghasilkan buah. pohon rambutan dijadikan pohon pelindung.-yandri-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Jika memiliki lahan kososng di depan rumah. Tanami rambutan saja, selain dapat memetik hasilnya untuk dijual atau dimakan. Pohon rambutan yang berdiri kokoh dapat melindungi rumah dari udara panas dan paparan debu yang masuk rumah.

Buah rambutan adalah buah musiman. Buah yang memiliki daging manis atau agak manis ini, dikenal karena memiliki banyak jenis. Di Sumsel sendiri, rambutan ‘ngelotok’ selalu dicari, sebab daging buah yang terlepas dari bijinya. Sehingga, enak dimakan. 

Nah, buah rambutan dapat juga dijadikan manisan yang tahan lama. Dipadu dengan isian nanas iris, manisan rambutan sering dihidangkan sebagai hidangan penutup yang enak.

Untuk menanam pohon rambutan agar tumbuh subur dan lebat buahnya, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

BACA JUGA:Kafe Diego di Jalan Kikim II Palembang Hangus Terbakar Dilahap Si Jago Merah, Diduga Akibat Korsleting Listrik

BACA JUGA:Misteri Kicauan Burung Gagak Yang Diidentikan Dengan Kabar Kematian

1. Pilih lokasi yang tepat: Pastikan pohon rambutan ditanam di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan terhindar dari angin kencang. Tanah yang gembur dan berdrainase baik juga sangat penting.

2. Persiapan lahan: Lakukan persiapan lahan dengan membersihkan area dari gulma dan sampah organik lainnya. Gali lubang tanam yang cukup besar dan isi dengan campuran tanah subur, kompos, dan pupuk kandang. Biarkan selama seminggu, sebelum memasukan bibit pohon. Pastikan kondisi tanah sudah gembur dan sudah disiram.

3. Penanaman benih atau bibit: Tanam benih atau bibit rambutan dengan hati-hati. Jika menggunakan bibit, pastikan akar tidak terlalu terlipat dan letakkan pada kedalaman yang tepat.

4. Penyiraman yang cukup: Pastikan tanaman mendapatkan penyiraman yang cukup terutama pada masa pertumbuhan awal dan saat musim kemarau.

BACA JUGA:Bosan Tinggal Di Bumi! Fakta Unik Planet Mars yang Potensial untuk Dihuni Manusia

BACA JUGA:Perjalanan Inspiratif di Balik Mahkota, Ritassya Asal Palembang Menuju Miss Grand International 2023

5. Pemupukan: Berikan pupuk secara teratur, terutama pupuk dengan kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium yang seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan produksi buah yang baik.

6. Pemangkasan: Lakukan pemangkasan pada pohon rambutan untuk merangsang cabang baru dan memperbaiki bentuk pohon agar buah lebih mudah dijangkau dan penyebaran cahaya lebih merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber