Mitos atau Fakta! Makin Pekat Warna Buah Makin Banyak Nutrisinya

Mitos atau Fakta! Makin Pekat Warna Buah Makin Banyak Nutrisinya

Warna buah yang pekat ternyata bukan berarti kandungan nutrisi lebih banyak. Warna buah menunjukan perbedaan senyawa yang dikandung buah.--instagram.com/@farmermarket99id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kebanyakan orang beranggapan kalau makin pekat warna buah atau sayur, maka akan makin kaya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah dengan warna pekat biasanya memiliki kandungan vitamin yang kaya manfaat.

Sebut saja warna  buah bit yang berwarna ungu gelap. Warna buah gelap ini mengandung zat besi yang mampu menaikan hemoglobin darah, nutrisi betaine yang berfunsi sebagai lipotrope sangat ampuh mengurangi fatheart atau lemak hati.

Kemudian ada warna buah blueberry yang juga memiliki warna buah yang pekat mengandung polypenol yang mampu menurunkan berat badan. Warna ungu pada bluberry karena memiliki kandungan finonutrien yang disebut anthocyanin. Sangat bagus utuk melindungi diri dari sinar UV. Belum lagi manfaat ubi ungu, ubi kuning dan buah warna pekat lainnya.

Namun, apakah warna buah yang warnanya tidak gelap tidak banyak mengandung nutrisi?. Jawabnya tidak selalu benar. Begini ulasannya:

BACA JUGA:Pungutan Retribusi KIR Melebihi Tarif Perda, Diduga Pungli!

BACA JUGA:Emas Antam Terus Menurun, Investor Harus Berhati-hati!

Tidak selalu benar bahwa semakin pekat warna buah, semakin kaya manfaatnya. Pada dasarnya, warna buah dan sayuran yang cerah dan pekat seringkali menandakan adanya kandungan nutrisi tertentu, seperti vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia. Namun, manfaat nutrisi yang spesifik dapat bervariasi dari satu buah atau sayuran ke yang lain, dan kekayaan nutrisinya tidak selalu bergantung pada intensitas warna.


Warna buah yang pekat bukan menunjukan kandungan nutrisi lebih banyak. Warna buah menunjukan jenis senyawa pada buah.--instagram.com/@buahbit

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat memberikan gambaran tentang hubungan warna buah dengan manfaat nutrisi:

1. Warna buah merah (misalnya tomat, stroberi): Buah merah cenderung mengandung likopen, sebuah pigmen yang berperan sebagai antioksidan dan dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Warna buah oranye (misalnya wortel, labu, jeruk): Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye mengandung beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Seoerti diketahui Vitamian A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata, dan untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

BACA JUGA:Terlanjur Rusak! Ini Bagian Organ Dalam Tubuh Manusia Yang Bisa Diganti

BACA JUGA:Strategi Jitu Solo Rank Mobile Legends: Banned 5 Hero Ini untuk Memastikan Kemenangan!

3. Warna  Hijau tua (misalnya bayam, brokoli): Sayuran hijau tua kaya akan zat besi, kalsium, vitamin K, dan asam folat, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang, pembekuan darah, dan fungsi sel tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber