Mengungkap Misteri: Beberapa Unsur Kunci dalam Anatomi Mata Manusia

Mengungkap Misteri: Beberapa Unsur Kunci dalam Anatomi Mata Manusia

Beberapa Unsur-Unsur yang Terdapat Pada Mata--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mata manusia adalah organ kompleks yang memiliki beberapa bagian dan fungsi. Mata merupakan organ manusia yang paling sensitif.

Mata secara otomatis menyesuaikan berdasarkan jumlah cahaya yang masuk untuk memfokuskan perhatian Anda. Membuat gambar diam objek dekat dan jauh. Itu dikirim segera ke otak.

Mata manusia bekerja secara otomatis, dengan 40 komponen utama yang berperan penting dalam penglihatan. Jika salah satu fungsi unit rusak maka mata tidak akan bisa melihat. Lapisan transparan di bagian depan mata adalah kornea, dan tepat di belakangnya adalah iris.

Ada begitu banyak komponen yang terdapat pada mata kita. Berikut adalah beberapa komponen utama yang terdapat pada mata.

BACA JUGA:Pertarungan Kilat di Arab Saudi: Analisis Kontroversial Daniel Dubois vs Jarrell Miller

1. Kornea 

Bagian luar yang transparan dari mata yang membantu memfokuskan cahaya ke dalam mata. Kornea adalah lapisan terluar mata. Mencakup pupil, iris dan ruang anterior. Fungsi utama mata adalah melihat cahaya. Mahkota terdiri dari protein dan sel. 

2. Konjungtiva

Lapisan tipis yang melapisi bagian putih mata (sklera) dan bagian dalam kelopak mata. Konjungtiva merupakan bagian struktur tubuh di bagian depan mata. Konjungtiva dapat dianggap sebagai lembaran tipis transparan yang menutupi bagian putih mata.

BACA JUGA:Jangan Salah Memilih Riben untuk Kaca Mobil, Berikut Jenis-jenis Riben serta Penjelasannya. Yuk Simak!

Fungsi konjungtiva seperti pembungkus plastik, melindungi mata dari benda asing, sehingga menjaga kelembaban mata tanpa iritasi.

3. Iris mata

Bagian berwarna mata yang dapat menyusut atau melebar untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk. Iris adalah bagian berwarna di sekitar pola. Warnanya abu-abu, coklat atau biru, tergantung  genetik seseorang.

Ukuran polanya berubah karena pergerakan iris. Saat pupil menyebar, banyak puncak dan tonjolan yang terlihat. Sedangkan pada saat meiosis, permukaan depan iris berbentuk datar. Bagaimana hubungannya dengan bagian mata lainnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber