Inovasi Terbaru: Teknologi Smartphone yang Bisa Melihat Tembus Dinding

Inovasi Terbaru: Teknologi Smartphone yang Bisa Melihat Tembus Dinding

Profesor teknik elektro di UT membuat teknologi ini--Foto : [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda berharap memiliki kekuatan super, Peneliti di University of Texas di Dallas sedang mengerjakan teknologi yang mendekati kemampuan tersebut.

Mereka mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengguna memiliki penglihatan tembus pandang, dan alat ini cukup kecil untuk dipasang pada smartphone, sehingga mudah diakses oleh semua orang.

Dr. Kenneth O, profesor teknik elektro di UT Dallas dan direktur Texas Analog Center of Excellence, mengatakan bahwa penglihatan sinar-X selalu menjadi sesuatu yang menarik dan menginspirasi. “Teknologi ini memberi Anda kekuatan seperti pahlawan super,”.

Dr. O menjelaskan bahwa teknologi ini sebelumnya hanya digunakan dalam operasi besar seperti pemeriksaan keamanan di bandara, tetapi timnya telah berhasil membuatnya cukup kecil untuk dipasang pada telepon genggam.

BACA JUGA: Fitur Canggih Smartphone yang Harus Dimiliki Traveler, Liburan Makin Mudah dan Seru!


Penglihatan sinar-X teknologi baru --Foto : freepik@ jannoon028

“Seharusnya Anda bisa memindai benda seperti biasa dan dengan mudah mendapatkan gambarnya,” jelas Dr. O. Tim UT Dallas telah mencapai kemajuan signifikan dalam pengembangan prototipe chip yang mampu membaca benda di balik karton. 

Namun, masih ada tantangan yang harus diatasi, seperti waktu pemindaian yang membutuhkan beberapa jam karena jumlah piksel yang mereka kerjakan.

Dr. O optimis bahwa dengan pendanaan yang tepat, teknologi ini bisa dibuat lebih cepat dan diintegrasikan ke dalam smartphone dalam beberapa tahun mendatang. “Teknologi dasarnya sudah ada, saya sangat ingin membuatnya dapat dinikmati oleh semua orang,” katanya.

Visinya adalah suatu hari nanti, ponsel yang dilengkapi dengan chip ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memeriksa isi amplop, paket, atau bahkan untuk aplikasi medis seperti mengecek tingkat hidrasi tubuh. 

BACA JUGA:Moondrop MIAD 01, Smartphone Khusus Penggemar Audio yang Tak Boleh Dilewatkan

Dr. O juga mendemonstrasikan kemampuan teknologi ini untuk mendeteksi permen batangan yang tercemar. Ini menyediakan kemampuan yang sangat berguna yang sebelumnya tidak dapat dicapai," katanya.

Dalam mempertimbangkan privasi, teknologi ini dirancang untuk digunakan hanya dalam jarak dekat, sekitar satu inci (2,5 cm) dari objek, sehingga misalnya, pencuri tidak dapat memindai tas seseorang dari jarak jauh.

Teknologi microchip imager pertama kali didemonstrasikan pada tahun 2022, hasil dari lebih 15 tahun kerja oleh Dr. Dr. O serta timnya, terdiri dari mahasiswa, peneliti, dan rekan kolaboratifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber