Harga Rp 150 juta Perkilogram! Saffron Jadi Rempah Termahal di Dunia.

Harga Rp 150 juta Perkilogram! Saffron Jadi Rempah Termahal di Dunia.

Rempah saffron terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Karena itu pula saffron menjadi rempah termahal didunia.--instagram.com/@kashmirsaffron.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Akhir akhir ini rempah saffron sudah dikenal luas di masyarakat Internasional. Rempah-rempah berbentuk putik-putik bunga kecil seperti benang pendek berwarna merah atau kecoklatan ini merupakan rempah termahal di dunia. Saffron digunakan sebagai obat herbal untuk melawan dan mengobati segala jenis penyakit. Dan sangat direkomendasi untuk menjaga kecantikan.

Tidak semua tempat menjual saffron. Biasanya rempah saffron ini dapat dibeli di negara-negara Arab seperti Dubai, Iran, Turki, Arab Saudi atau negara Amerika serikat. Saat ini saffron sudah dikembangkan di beberapa negara seperti Iran, kasmir dan beberapa negara lainnya.

Di Turki, dan negara-negara arab harga satu kilogram safron mencapai Rp 50 juta rupiah. Atau kalau beli per gram berharga Rp 500 ribu rupiah. Itupun untuk safron yang kelas biasa, atau yang bukan premium. Untuk yang kelas premiun harga safron mencapai Rp 150 juta perkilogram. Wah, harga fantastis untuk sekilo rempah.


Ladang bunga saffron di Kashmir India. Rumitnya proses panen menjadi salah satu penyebab harga saffron sangat mahal.--instagram.com/@kashmirsaffron.id

Safron aslinya berasal dari zaman Yunani sekitar tahun 1700 SM. Hal ini sudah dipublish oleh jurnal Frontiers in Plant Science. Jurnal yang di publis ini diberi judul Ancient Artworks and Crocus Genetics Both Saffrons Origin in Early Greece, pada tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Atap Asbes pada Rumah Tidak Layak Huni dan Berisiko Menyebabkan TBC

BACA JUGA:Kucing-Kucing Liar di Turki Kalau Pindah ke Indonesia Jadi Kucing Sultan

Kemudian bunga saffron mulai menyebar ke Iran, Spanyol, Italia, India bahkan sampai ke Amerika Serikat. Saat ini negara Iran menjadi penghasil saffron terbanyak di dunia. Meskipun demikian saffron dari Kasmir India menjadi yang terbaik kualitasnya di dunia.

Penggunaan remah saffron inipun cukup mudah. Hanya perlu 3 putik saffron lalu di rendam sebentar dengan air hangat atau panas. Diamkan sampai air berubah kuning atau merah, maka ramuan saffron siap diminum. Dulu saffron ini dibuat sebagai bumbu aneka masakan orang arab. Saat inipun orang-orang kaya di Arab saudi masih menggunakan safron sebagai bumbu masak.

Sebaiknya membeli safron di negara-negara yang menjual langsung. Seperti di Arab saudi, India, Dubai atau Turki, rempah safron ini dapat ditemui di toko-toko rempah atau di pasar. Biasanya, penjual menawarkan safron kepada para turis. Karena, para wisatawan yang berkunjung ke toko rempah akan mencari saffron atau kurma.

Berikut alasan saffron menjadi rempah termahal di dunia:

BACA JUGA:Ringkasan Bab 15 Buku Psychology of Money : Tidak Ada yang Gratis

BACA JUGA:Bahaya Jika Kepala Pusing dianggap biasa, Kenali Beberapa Penyebabnya

1. Proses panen Yang Sulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber