Mencicipi Kuliner Ala Orang Arab di Kampung Arab Al-Munawar Palembang

Mencicipi Kuliner Ala Orang Arab di Kampung Arab Al-Munawar Palembang

Menikmati hidangan khas Arab di Kampung Arab Al-Munawar, Palembang.-Dboy Ahmad-instagram.com/@dboy_studio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kampung Al-Munawar merupakan salah satu Kampung di Indonesia yang dihuni oleh warga keturunan Arab. Daerah ini terletak di pinggiran aliran Sungai Musi, yaitu bagian Ilir dan Ulu yakni bertepatan di daerah 13 Ulu, PALEMBANG.

Kampung Al-Munawar yang akrab di telinga masyarakat sebagai salah satu wisata religi, menyimpan banyak sejarah mengenai peradaban Timur Tengah yang hingga sekarang masih terjaga.

Perkampungan ini didirikan sekitar 200 tahun silam oleh Abdul Rahman Bin Muhammad Al-Munawar. Ketika itu, nenek moyang keturunan Al-Munawar berkunjung ke kota Palembang pada masa Kesultanan Palembang Darussalam. Hal itulah yang menyebabkan terdapat berbagai keturunan Arab yakni Assegaf, Al-Habsy, Al-Kaaf, Hasny, dan Syahab.

Di Kampung Al-Munawar ini pengunjung dapat  mencicipi kuliner khas kampung Arab namun. Dikarenakan ramainya pengunjung yang berwisata di sana, pemesanannya harus dilakukan dua hari sebelum berkunjung ke tempat ini.

BACA JUGA:Merangkul Inner Child dalam Diri yang Mencerminkan Peran Anak Kecil yang Pernah Diabaikan

BACA JUGA:Seleksi Atlet, PBVSI Kota Palembang Bidik Juara pada Porprov Lahat

Menu makanannya ditaksir dengan harga Rp800.000 hingga Rp1.000.000 yang cukup untuk porsi 10 sampai 30 orang.

Hal yang menarik perhatian berwisata di Kampung Arab Al-Munawar yaitu pengunjung disuguhkan makanan di dalam Rumah Kembar Laut. Diiringi dengan alunan musik khas Arab yang menambah nuansa Timur Tengah, membuat para pengunjung benar-benar merasakan sensasi berada di Timur Tengah.

Keunikan menu di Kampung Arab Al-Munawar ini salah satunya 'Nasi Mandi' yang merupakan nasi khas India diolah menggunakan susu rendah lemak.

Lalu, gulai kambingnya berhasil membius indra perasa wisatawan, yang ternyata tidak diolah menggunakan santan melainkan dengan kelapa sangrai.

BACA JUGA:Detik-detik Istri Labrak Suami yang Akan Nikah Lagi di Karawang, Ngaku Pamit Dinas, Ibu Histeris

BACA JUGA:Viral! Sang Ibu Heran Anaknya Suka Lantunan Suara Adzan Padahal Kristen


Hidangan khas Kampung Arab Al-Munawar, Palembang.-Miera Pelangi-instagram.com/@palembanginfo

Sambal ‘setannya’ juga terasa pedas namun, rasanya tetap unik karena berasal dari olahan cabai rawit hijau panjang serta jeruk limau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber